Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Memotivasi Diri untuk Berolahraga Saat Depresi

Kompas.com - 20/06/2018, 15:15 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Olahraga teratur bisa menjadi cara yang baik dan efektif untuk mengelola gejala depresi. Pasalnya, olahraga membuat tubuh memproduksi hormon endorfin, dopamin, serotonin, dan triptofan dalam jumlah yang lebih banyak.

Semua hormon ini mampu membuat kita merasa lebih bahagia serta mengurangi rasa sakit. Dopamin dan serotonin khususnya bekerja sama untuk meredakan stres sambil menciptakan pikiran-pikiran positif.

Namun ironisnya, depresi membuat seseorang tidak bersemangat dan termotivasi untuk melakukan apapun. Lantas, bagaimana caranya meningkatkan motivasi olahraga saat depresi menggerogoti diri?

1. Pilih olahraga yang membuat kamu nyaman

Salah satu strategi penting untuk menjaga motivasi olahraga adalah dengan memilih jenis olahraga yang kamu sukai.

Ketimbang memaksakan diri untuk bolak-balik pergi nge-gym, cobalah memulainya dengan hal-hal yang lebih sederhana. Misalnya saja jalan kaki atau bersepeda keliling kompleks.

Suasana yang lebih alami akan membuat pikiran terasa lebih segar dan sehat. Jadi, biarkan dirimu bersenang-senang dengan jenis olahraga yang kamu pilih tanpa merasa terbebani.

Memaksakan diri untuk melakukan hal-hal yang tidak kamu sukai malah dapat memperburuk gejala depresi.

Baca juga: Cara Memilih Jenis Olahraga yang Cocok

2. Catat segala aktivitas fisik

Tonisha Pinckney, seorang advokat penyakit jiwa yang juga memiliki depresi dan gangguan kecemasan, mengaku bahwa olahraga teratur sangat membantunya untuk mengendalikan gejala-gejala yang ia alami.

Terlebih setelah ia mencatat setiap aktivitas fisik yang ia lakukan, motivasi olahraga Pinckney pun semakin meningkat.

Dengan rutin mencatat, kita akan tahu sudah seberapa jauh perjuangan dalam melawan depresi dengan melihat pola dan frekuensi olahraga yang kita lakukan.

Membuat jurnal olahraga juga membuat kita lebih bertanggung jawab untuk tetap menjaga aktivitas fisik setiap harinya, bahkan mungkin meningkatkannya.

Aktivitas fisik ini tidak selalu tentang jenis olahraga, ya. Pilihan untuk naik tangga ketimbang lift atau berjalan kaki ketimbang naik mobil atau motor juga termasuk aktivitas fisik yang perlu dicatat.

Dengan begitu kita akan lebih menghargai setiap aktivitas fisik yang dilakukan dan terdorong untuk konsisten menjalankan olahraga secara rutin.

Baca juga: Jenis Olahraga yang Paling Efektif Mengurangi Gejala Depresi

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com