Berapa Lama Idealnya Pacaran Sebelum Bertunangan?

Kompas.com - 26/06/2018, 12:39 WIB
Ilustrasi Ilustrasi

KOMPAS.com - Ariana Grande dan Pete Davidson dikabarkan bertunangan. Padahal, keduanya diketahui baru beberapa minggu sebelumnya memutuskan hubungan dengan mantan kekasih mereka.

Secara lebih umum, pertanyaan berikutnya muncul. Berapa lama waktu yang ideal sebelum melangkah ke jenjang yang lebih serius untuk bertunangan?

Matchmaker tersertifikasi dan direktur Amare Exclusive, Shilpa Gandhi mengatakan bahwa sebelum bertunangan harus ada pembicaraan terlebih dahulu tentang kelanjutan masa depan, jenjang karir dan stabilitas finansial.

Menurutnya, hubungan yang baru terbentuk selama beberapa minggu mungkin terlalu singkat untuk bertunangan. Selain itu, masih ada kemungkinan perubahan perasaan terhadap terhadap pasangan kita.

"Lebih baik menunggu hingga setidaknya tiga hingga enam bulan untuk melihat apakah perasaan yang dirasakan adalah nyata atau hanya nafsu sesaat. Kamu harus memiliki rasa emosional dan rasional terhadap satu sama lain," ujar Silpha.

Sementara itu, pakar hubungan peraih penghargaan Sarah Louise Ryan mengatakan tidak ada waktu yang disebut "terlalu segera".

Menurutnya, jika kedua belah pihak sudah merasa menemukan pasangan yang tepat dan memahami bahwa keduanya akan menghabiskan hidup bersama, itulah saat di mana pertunangan dan pernikahan bisa dilakukan. Ini semua berkaitan dengan pilihan dan komitmen.

"Tidak penting berapa lama keduanya saling mencintai. Ini tergantung seberapa dalam keduanya saling mencintai," kata dia.

Pakar hubungan lainnya, Ben Edwards menambahkan, dunia sudah berubah. Beberapa generasi sebelumnya mungkin memiliki ekspektasi tertentu terhadap pasangan hidupnya. Namun kehidupan saat ini memiliki batasan dan norma sosial yang lebih sedikit.

Ia menilai, tak perlu ada waktu tertentu untuk mencaritahu apakah seseorang tepat atau tidak. Sejumlah pasangan akan bertunangan setelah memahami satu sama lain, baik hanya dalam tiga bulan ketika pasangan lainnya memerlukan waktu hingga tiga tahun.

Baca juga: Bagaimana Uang Memperngaruhi Hubungan Asmara antar Pasangan?

Halaman:


Sumber standard
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X