Drama Musikal untuk Semangati Pasien Kanker Anak

Kompas.com - 29/07/2018, 08:00 WIB
Drama musikal Rasa, Caring from the Heart. YOAIDrama musikal Rasa, Caring from the Heart.

KOMPAS.com - Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) menggelar pertunjukan drama musikal "Rasa, Caring from the Heart" pada 28 Juli 2018 untuk menyebarkan semangat positif bagi pasien kanker anak.

Drama musikal ini mengisahkan seorang anak penderita kanker bernama Rasa yang berhasil mengalahkan penyakitnya, hingga ia mendapatkan kesempatan kedua dalm hidupnya.

Cerita yang diangkat ini terinspirasi dari kisah nyata para penyintas kanker anak dan disutradari oleh Rama Soeprapto.

Pertunjukan ini sekaligus untuk merayakan ulang tahun ke-25 YOAI dan memperingati Hari Anak Nasional.

"Lewat pertunjukan ini YOAI ingin menyebar pesan bahwa kanker pada anak dapat diobati dan diusahakan sembuh bila dideteksi dan diobati sejak dini," kata Ketuai YOAI, Rahmi Adi Putra.

Ia mengatakan, dibutuhkan dukungan bagi kesembuhan pasien kanker anak, tidak hanya dari sisi medis tapi juga keluarga dan lingkungan terdekatnya.

"Dengan dukungan itu, 50 persen kesembuhan sudah tercapai. Dukungan sangat penting karena saya sebagai orangtua penyintas kanker merasakan sendiri," kata Rahmi.

Drama musikal Rasa, Caring from the Heart YOAI Drama musikal Rasa, Caring from the Heart
Para pemain drama musikal ini terdiri dari anak-anak komunitas Opera Jelajah Indonesia dan turut serta 15 anggota komunitas penyintas kanker anak.

Dukungan juga datang dari empat artis yang terlibat sebagai pemain utama, yaitu Lukman Sardi, Dea Panendra, Gabriel Harvianto, dan Shelomita.

Seluruh lagu dalam drama musikal yang berdurasi 45 menit ini diciptakan Thoersi Ageswara yang meraih Piala Citra di ajang FFI 2012.

Menurut Rama, ia sengaja membuat drama yang ringan dan sederhana agar pesannya mudah dipahami anak-anak penderita kanker dan masyarakat umum yang hadir.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X