Tips Belanja "Online" Ramah Lingkungan

Kompas.com - 10/08/2018, 09:30 WIB
Ilustrasi ThinkstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kampanye gaya hidup ramah lingkungan kini semakin gencar disuarakan. Para pegiat lingkungan atau mereka yang peduli dengan isu itu kerap membagikan berbagai tips dan upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk meminimalisasi sampah.

Di media sosial Instagram, misalnya, banyak yang membagikan gaya hidup minim sampah atau zero waste.

Tak hanya dalam keseharian, bagi kamu yang hobi belanja online atau punya usaha onlineshop, juga bisa melakukan beberapa hal di bawah ini untuk berkontribusi pada pengurangan produksi sampah.

Mau tahu caranya?

Jeanny Primasari, salah satu founder Komunitas Zero Waste berbagi tips berbelanja online ramah lingkungan, salah satunya pengepakan paket barang yang minim sampah.

Jeanny mengatakan peran penjual, pembeli, dan ekspedisi harus saling mendukung untuk melakukan hal ini.

"Pembungkus untuk belanja online menurut saya ditentukan oleh tiga pihak, yakni penjual, pembeli, ekspedisi," kata Jeanny kepada Kompas.com, Rabu (8/8/2018).

Dari pengalamannya, kata Jeanny, seringkali penjual yang khawatir dengan keamanan pengemasan ketika diminta meminimalisasi penggunaan kardus, pembungkus, maupun lakban. 

Sementara, pihak ekspedisi menyesuaikan standar operasional dengan lakban dan staples yang banyak.

Tips untuk penjual

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X