Mereka yang Punya Otot Kuat Lebih Berpeluang Panjang Umur

Kompas.com - 01/09/2018, 10:42 WIB
Ilustrasi latihan beban UberImagesIlustrasi latihan beban
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bagi kamu yang banyak menghabiskan waktu berolahraga atau pergi ke pusat kebugaran, aktivitas tersebut ternyata tak hanya sekadar membuat tubuh terlihat lebih baik dan sehat.

Sebuah riset dari University of Michigan menemukan, tingkat kekuatan seseorang bisa menjadi faktor kunci maningkatkan masa hidup.

Para peneliti yang dipimpin oleh Dr. Kate Duchowny menemukan, orang-orang dengan tingkat kekuatan otot lebih rendah memiliki risiko kematian 50 persen lebih besar ketimbang mereka yang memiliki otot kuat.

"Menjaga kekuatan otot sangatlah penting untuk umur panjang dan membebaskan penuaan," kata Duchowny pada Michigan News.

Baca juga: 7 Langkah Latihan Kekuatan Otot bagi Pemula

Secara spesifik, kekuatan genggaman adalah hal yang penting. Sebab, ini bisa menjadi faktor prediksi kesehatan dan panjang umur secara keseluruhan. Bahkan mungkin akan lebih efektif daripada pengukuran yang sering digunakan orang, yakni massa otot.

Faktor ini cenderung mudah untuk diukur. Menggunakan tes sederhana ketika pasien meremas sebuah benda yang disebut "dynamometer" untuk mengukur kekuatan dalam kilogram.

Grup peneliti lainnya juga menemukan, kekuatan genggaman bisa menjadu indikator kuat untuk kesehatan secara keseluruhan bagi semua umur.

Tim peneliti University of Michigan menganalisa data yang dikumpulkan sebagai bagian dari studi kesehatan dari universitas tersebut.

Sampel adalah representasi nasional dengan 8.326 pria dan wanita berusia 65 tahun ke atas.

Tingkat kekuatan diukur dengan "cut-points", dengan "kelemahan otot" diklasifikasikan sebagai kekuatan tangan kurang dari 39kg untuk pria dan 22kg untuk wanita.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber menshealth
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X