Menyehatkan Kulit hingga Jantung, Ini 7 Manfaat Sauna...

Kompas.com - 12/10/2018, 15:15 WIB
Ilustrasi menikamti saunaWavebreakmedia Ilustrasi menikamti sauna

KOMPAS.com - Manfaat sauna masih menuai perdebatan hingga saat ini. Beberapa orang mengatakan sauna meningkatkan dorongan seksual dan beberapa orang lainnya justru percaya jika sauna menyebabkan kemandulan.

Beberapa orang juga percaya jika sauna meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Namun, lainnya justru berpikir jika sauna dapat menyebabkan serangan jantung.

Lalu, apa sebenarnya manfaat sauna ini?

Bagi sebagian orang, sauna telah menjadi semacam rutinitas. Sayangnya, belum jelas apa manfaat dan efek samping dari praktik ini.

Untuk mengetahui manfaat pasti dari sauna, Laman D'Marge telah merangkum tujuh manfaat sauna. Berikut manfaat tersebut.

1. Meningkatkan pemulihan pasca olahraga

Saat tubuh terasa pegal-pegal usai berolahraga, sauna dapat mengatasinya. Riset dari Springerplus menyatakan sauna dapat mengurangi serangan nyeri otot dan meningkatkan pemulihan pasca olahraga.

Penelitian ini juga menunjukkan sauna inframerah mungkin sangat efektif dalam menembus sistem neuromuskular untuk meningkatkan pemulihan.

Namun, jangan lupa untuk menghidrasi tubuh agar semua manfaat tersebut bisa kita dapatkan secara maksimal.

Baca juga: Minum Jus Acar Percepat Pemulihan Setelah Olahraga?

2. Menurunkan tekanan darah

Riset menunjukkan sering mandi sauna meningkatkan fungsi lapisan dalam pembuluh darah, yang pada gilirannya menurunkan tekanan darah.

Pria yang melakukan sauna 4 hingga 7 kali seminggu 50 persen kecil risikonya untuk mengalami tekanan darah tinggi dibandingkan dengan pria yang hanya melakukan sauna seminggu sekali.

Halaman:



Close Ads X