Kompas.com - 15/10/2018, 13:48 WIB
Ruang perebusan barley di bekas pabrik bir Heineken di Amsterdam, Belanda. KOMPAS.com/Lusia Kus AnnaRuang perebusan barley di bekas pabrik bir Heineken di Amsterdam, Belanda.

AMSTERDAM, KOMPAS.com - Menikmati wisata sejarah adalah salah satu alasan turis datang ke Amsterdam, Belanda. Maka mengunjungi kompleks bangunan tua bekas pabrik bir Heineken bisa masuk dalam list wisata Anda.

Di pusat kota Amsterdam, tepatnya di Stadhouderkade 78, bangunan bekas pabrik bir Heineken ini tak banyak berubah sejak dibangun tahun 1867.

Pabrik ini masih tetap dipakai sampai tahun 1988 ketika pabrik baru yang lebih besar dan modern dibangun di luar kota Amsterdam.

Pabrik lama tersebut kemudian dijadikan semacam museum dan diberi nama Heineken Experience.

Di sini kita bisa melihat perjalanan bisnis yang dibangun oleh Gerard Adriaan Heineken dan bagaimana tongkat estafet bisnis ini diturunkan kepada keturunannya.

Salah satu dari dinasti Heineken yang cukup terkenal adalah Alfred Heineken yang memiliki banyak ide brilian dalam pemasaran produk bir.

Misalnya ia mengubah botol bir Heineken menjadi botol kaca hijau dengan lambang bintang merah seperti yang kita kenal sekarang ini.

"Dulu semua bir dijual dalam botol kaca coklat supaya rasa bir tidak berubah kena sinar matahari. Tapi Heineken memilih botol hijau supaya lebih menonjol di rak bar," kata Eline, pemandu kami.

Logo yang pernah dipakai bir Heineken dari waktu ke waktu.KOMPAS.com/Lusia Kus Anna Logo yang pernah dipakai bir Heineken dari waktu ke waktu.
Salah satu benda bersejarah yang bisa kita lihat adalah penghargaan berupa medali emas yang diterima Heineken saat mengikuti Paris World's Fair tahun 1990.

Eline menceritakan, ketika itu mengikuti pameran dunia adalah salah satu strategi untuk memperkenalkan sebuah produk pada konsumen mancanegara.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X