Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2018, 20:20 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Boldsky

KOMPAS.com - Bibir yang kusam, kering, dan berwarna gelap terkadang membuat kita kurang bisa tampil percaya diri.

Padahal, mungkin saja kita masih melakukan kebiasaan-kebiasaan yang bisa memperburuk tampilan bibir kita, seperti merokok, paparan sinar matahari berlebih, bahan kimia berbahaya, kafein, dan lainnya.

Bibir adalah bagian kulit yang paling sensitif sehingga paparan bahan kimia keras secara langsung akan menyebabkan kerusakan pada kulit bibir.

Untunglah ada bahan-bahan alami yang bisa dipakai untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya adalah menggunakan lemon.

Lemon memiliki kandungan pemutih alami yang bisa membantu mencerahkan wajah dan juga sebagai pembersih alami. Oleh karena itu, menggunakan lemon bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori kulit.

Baca juga: Tak Merokok, Mengapa Bibir Jadi Kehitaman?

Ada beberapa campuran lemon yang bisa kamu jadikan alternatif untuk mengobati bibir menghitam.

1. Lemon dan gula

Campuran lemon dan gula mampu mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel baru. Caranya, potong lemon menjadi dua bagian dan taburkan gula pada bagian yang terpotong tersebut.

Oleskan pada bibir atas dan bawah dengan gerakan memutar secara lembut. Biarkan selama 15 menit sebelum membilas bibir dengan air. Kamu bisa melakukan perawatan ini tiga kali seminggu.

2. Lemon, madu dan gliserin

Kombinasi tiga bahan ini dapat membantu mengatasi kulit bibir yang menghitam. Campurkan 1½ sendok teh jus lemon, satu sendok gliserin dan madu dalam satu mangkuk.

Oleskan pada bibir setiap sebelum tidur dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, bilas dengan air biasa. Lakukan setiap hari hingga kamu melihat perubahannya.

3. Lemon dan minyak jarak

Campurkan satu sendok makan jus lemon dan satu sendok makan minyak jarak.

Aplikasikan campuran tersebut pada bibir dan diamkan beberapa menit. Namun, kamu juga bisa menggunakannya semalaman jika mau.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com