Kompas.com - 27/10/2018, 20:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – “Yoga bukan sekadar pose-pose dinamis, namun merupakan proses pencarian jati diri untuk diri yang lebih baik.”

Demikian diungkapkan Anita Boentarman, Direktur Namaste Festival, sebuah festival yoga yang diadakan setiap tahun sejak 2010 lalu.

Yoga menurut dia, bukan hanya sekadar olahraga yang melibatkan raga atau fisik saja, melainkan juga melibatkan mental dan spiritual.

Ketika mempelajari yoga, kata Anita, kita tak hanya mempelajari gerakan saja, namun juga belajar dari pengetahuan kehidupan para guru.

Tak sedikit pula mereka yang sudah melakukan yoga akan mengubah pola hidupnya, misalnya mengonsumsi makanan sehat, menerapkan pola hidup teratur, hingga lebih menghargai sesama makhluk hidup.

Baca juga: Pose Unik dan Instagrammable Bikin Banyak Anak Muda Latihan Yoga

“Berangkat dari situ bisa berkembang lebih dalam lagi menjadi pencapaian jati diri,” kata Anita ketika ditemui seusai membuka CIMB Niaga Namaste Festival di Dharmawangsa Hotel, Jakarta Selatan, Jumat (26/10/2018) kemarin.

Anita mulai melakukan yoga sejak 17 tahun lalu. Meskipun sebelumnya memang sudah gemar berolahraga, namun ia langsung merasa jatuh cinta pada yoga ketika mempelajarinya.

Menurut dia, yoga adalah sebuah olahraga yang komplet.

Gaya pertama yang dipelajarinya adalah Yoga Ashtanga.

Ketika mempelajarinya, Anita menemukan dirinya juga mempelajari hal-hal lain pada saat yang sama. Misalnya, kedisiplinan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.