Kisah Unik Lahir dan Bangkitnya Onitsuka Tiger

Kompas.com - 31/10/2018, 07:29 WIB
Sepatu pertama yang dibuat Kihachiro Onitsuka Kompas.com/WisnubrataSepatu pertama yang dibuat Kihachiro Onitsuka
Editor Wisnubrata

KOBE, KOMPAS.com - Kekalahan dalam Perang Dunia II adalah saat-saat yang tragis bagi masyarakat Jepang. Mereka harus tunduk pada pasukan Sekutu, dipaksa menjadi negara demokrasi menggantikan kekaisaran, dan menjadi terbuka untuk dunia.

Untunglah banyak orang tetap bersemangat untuk maju. Salah satunya adalah veteran perang berusia 32 tahun bernama Kihachiro Onitsuka. Pria asal Kobe itu ingin mengalihkan perhatian para pemuda dari bayang-bayang kelam peperangan agar bangkit lewat olahraga.

Pada saat itu, orang Jepang berolahraga menggunakan sepatu seadanya, karena memang tidak ada pembuat sepatu khusus olahraga di sana. Mereka yang ingin memakai sepatu olahraga seringkali mendapatkannya dari sisa persediaan tentara AS yang bertugas di Jepang.

Karenanya pada tahun 1949 Kihachiro Onitsuka mencoba membuat sepatu-sepatu yang cocok digunakan untuk para atlet, serta mereka yang gemar berolahraga. Awalnya ia mempekerjakan empat pegawai di rumahnya untuk membuat sepatu yang terinspirasi dari sandal jerami tradisional Jepang.

Namun sepatu "jerami" itu tidak laku karena tidak cocok dan tidak nyaman untuk bermain basket. Kebetulan saat itu orang-orang Amerika membawa olahraga basket yang segera populer di Jepang. Onitsuka pun mencari akal agar sepatu-sepatunya nyaman dipakai.

Akhirnya inspirasi itu datang pada saat yang tidak terduga. Kihachiro Onitsuka mendapat ide ketika ia menyantap salad gurita. Saat itu salah satu tentakel gurita yang hendak dimakannya menempel pada mangkuk dan sulit dilepaskan.

"Mr Onitsuka pun tertegun dan gembira setelah menyadari bentuk serupa kaki gurita yang memiliki penghisap itu bisa juga diterapkan pada sol sepatu," kata Mr Kayano, pemandu di Asics Museum, Kobe, Rabu (24/10/2018).

Sepatu pertama yang dibuat Onitsuka dengan bagian sol yang terinspirasi dari tentakel guritaKompas.com/Wisnubrata Sepatu pertama yang dibuat Onitsuka dengan bagian sol yang terinspirasi dari tentakel gurita
Mekanisme penghisap pada tentakel gurita sangat cocok diterapkan untuk sepatu basket agar bisa mencengkeram lantai lapangan, karena pemain seringkali harus berhenti, melakukan manuver, atau berubah arah secara tiba-tiba.

Gagasan itu segera diwujudkan oleh Onitsuka menjadi sepatu yang diberi merek Tiger. Sepatu baru yang dibuat beberapa model tersebut kemudian diujicobakan ke para pemain dan pelatih basket untuk mendapat masukan.

Dari hasil uji coba, Kihachiro Onitsuka kemudian membuat sepatu yang merupakan perbaikan dari contoh-contoh yang dikirimkan kepada para atlet. Ternyata hasilnya memuaskan mereka.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X