Dua Tips Praktis dan Tepat Menggunakan Tabir Surya

Kompas.com - 06/11/2018, 09:40 WIB
Ilustrasi menggunakan tabir surya JupiterimagesIlustrasi menggunakan tabir surya
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kita sudah sering mendengar atau membaca artikel tentang pentingnya memakai tabir surya dalam keseharian. Tak hanya untuk dewasa, tabir surya juga penting bagi anak.

Hanya saja, Dr. Srie Prihianti, Sp. KK, PhD, FINSDV, FAADV menjelaskan, tabir surya untuk anak dan dewasa berbeda dari segi kandungan Ultra Violet Filter.

Ada dua jenis UV Filter, yakni physical dan chemical.

Physical UV Filter dioleskan pada permukaan kulit dan akan memantulkan sinar UV. Sementara chemical UV Filter akan masuk ke dalam kulit dan menyerap sinar.

"Kalau untuk anak biasanya physical, jadi tidak ada yang mengandung chemical," kata Srie ketika ditemui di JW Mariott Hotel, Kuningan, Jakarta, Senin (5/11/2018).

Untuk orang Indonesia, kandungan Sun Protector Factor (SPF) yang dianjurkan minimal 30 SPF.

Namun, apakah kita semua selama ini sudah menggunakan tabir surya secara tepat? Banyak penelitian menemukan fakta sebaliknya.

Baca juga: 7 Kesalahan Saat Menggunakan Tabir Surya

"Penelitian yang sudah dilakukan di seluruh dunia, orang jarang pakai sesuai aturan. Banyak yang pakai paling hanya sepertiga atau seperempat dosisnya saja," ujar Srie.

Tak sedikit orang yang tetap terbakar matahari meskipun sudah memakai tabir surya dengan kandungan SPF tinggi. Hal itu dikarenakan dosis pemakaiannya yang kurang.

"Misalnya pakai SPF 30 tapi hanya setengah dosis. Yang kamu dapat bukan hanya SPF 15 tapi mungkin SPF 10 atau 7," tuturnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X