Kompas.com - 08/11/2018, 06:06 WIB
Ilustrasi terbakar matahari shutterstockIlustrasi terbakar matahari
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kulit yang terbakar matahari (sunburn) biasanya akan terlihat berwarna merah dan terasa perih. Kondisi ini biasanya disebabkan karena terlalu lama berada di bawah sinar matahari.

Kulit yang terbakar matahari ini lama-kelamaan bisa menjadi lepuhan yang sangat menyakitkan.

Adakah cara untuk mengatasi kulit melepuh akibat terbakar sinar matahari?

Kulit terbakar sinar matahari adalah kondisi yang umum terjadi pada siapa pun. Kulit yang terbakar sinar matahari memengaruhi lapisan atas kulit dan menyebabkan kemerahan, sedikit nyeri, dan dapat menyebabkan pengelupasan kulit ringan. Ini biasanya terjadi dalam 24-48 jam setelah terkena sinar matahari.

Pada kulit yang terbakar sinar matahari yang parah, kerusakan kulit bisa lebih dalam. Ini bisa menyebabkan munculnya lepuhan. Kondisi ini disebut juga dengan sunburn blister.

Jenis luka bakar ini juga meningkatkan risiko terkena kanker kulit dan melanoma. Kulit melepuh akibat terbakar sinar matahari biasanya akan muncul beberapa jam hingga sehari setelah terkena sinar matahari dan bisa sangat menyakitkan.

Rasa sakit biasanya mulai mereda setelah 48 jam, meskipun kemungkinan akan memakan waktu setidaknya seminggu untuk sembuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah sembuh, kulit mungkin akan meninggalkan bekas bintik-bintik yang lebih gelap atau lebih terang, yang biasanya bertahan selama 6-12 bulan.

Baca juga: Hindari 5 Hal Ini Setelah Kulit Terbakar Matahari

Ilustrasi kulit terkelupasshutterstock Ilustrasi kulit terkelupas
Kenali gejala kulit melepuh karena terbakar sinar matahari

Sunburn blister berbentuk tonjolan kecil pada kulit. Biasanya berwarna putih atau transparan dan berisi cairan. Sementara kulit di sekitar lepuhan biasanya berwarna merah dan sedikit bengkak.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.