Kompas.com - 11/11/2018, 08:13 WIB
Ilustrasi sepatu lari b2dareIlustrasi sepatu lari
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Orang yang hobi lari pasti pernah merasakan kakinya lecet akibat timbulnya lenting kaki saat lari pakai sepatu. Lenting atau lepuh ini membuat kaki jadi terasa perih jika bergesekan dengan sepatu. Lantas, bagaimana menangani dan mencegahnya agar tidak mengganggu?

Lepuh atau lenting kaki biasanya disebabkan oleh gesekan, biasanya antara kulit dan kaus kaki. Kondisi lembab yang tinggi saat memakai sepatu karena lebih sering berkeringat membuat kulit jadi lebih lembut.

Hal ini yang kemudian membuat kulit rentan mengalami lecet dan muncul lenting. Mengenakan sepatu lari yang terlalu kecil atau diikat terlalu kencang juga bisa membuat lenting kaki lebih mudah terjadi.

Mungkin kamu pernah menemukan kaki lecet setelah memakai sepatu. Nah sebelum menjadi lecet, biasanya kaki mengalami lenting. Ini seperti gelembung kulit yang dipenuhi cairan. Gelembung ini bisa muncul di mana saja di kaki.

Paling umum, lenting terjadi di daerah yang paling banyak bergesekan seperti jari kaki, tumit, dan dan telapak kaki bagian depan.

Beberapa gelembung ini ada yang tidak nyeri, tapi beberapa orang ada yang merasakan nyeri, bahkan sampai harus berhenti lari karena sakit. Kadang-kadang ada juga orang yang ketika memeriksa kaki, baru menyadari adanya lecet akibat gesekan sepatu.

Baca juga: Bagaimana Ukuran Sepatu yang Pas Untuk Kaki Anda?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagaimana cara mengobati lenting kaki?

Ilustrasi lecetshutterstock Ilustrasi lecet
Pilihan pertama dalam mengobati lenting kaki adalah membiarkan kaki terbuka dan ‘bernapas’ menghirup udara bebas. Biasanya, pertama-tama kulit akan pecah dengan sendirinya dan cairan di dalamnya akan keluar.

Ini adalah cara yang paling aman untuk menangani lepuhan terutama jika gelembung ini berukuran sebesar kacang polong. Lenting kaki sebesar ini umumnya akan sembuh dalam beberapa hari.

Selanjutnya, jangan lupa untuk tetap jaga kebersihan kaki. Bersihkan kaki dengan sabun dan air. Kemudian bersihkan juga dengan alkohol.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.