Hidup Lebih Tenang dengan Mengusir Pikiran Negatif

Kompas.com - 13/11/2018, 06:17 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Opini atau pikiran diri sendiri terkadang menjadi penyebab terbesar hidup kita dipenuhi kecemasan, bahkan kemarahan. Sayangnya, seringkali kita mudah dikendalikan oleh pikiran negatif.

Ketika pikiran itu datang, kita seringkali merasa lebih gelap, penuh kecurigaan, dan juga iri. Semua ini hanya akan menguras energi dan membuat kita menjadi tidak produktif.

Oleh karena itu, penting untuk bisa melenyapkan pikiran ini dari kepala kita. Setidaknya ada empat trik yang bisa kamu coba.

1. Bicarakan pikiran negatif yang dirasakan

Mendiskusikan masalah atau pemikiran itu dengan seseorang yang dekat denganmu akan membantumu keluar dari situasi buruk. Kamu bisa saja mendapatkan sudut pandang yang baru atau belajar dari pengalaman orang lain ketika menghadapi kecemasan akibat "pikiran" kita sendiri.

2. Jangan biarkan pikiran negatif menjatuhkanmu

Banyak orang sering merasa takut ketika pikiran-pikiran negatif masuk. Ketika hal itu terjadi, cobalah untuk menghadapi rasa takut tersebut alih-alih kabur darinya.

Kamu harus bisa menghadapi rasa takut dan pikiran negatifmu. Mulailah berpikir secara realistis dan menganalisa skenario terburuk. Kekhawatiran negatif yang menjatuhkanmu kemudian akan terlihat sebagai masalah kecil kita kamu melakukannya.

Baca juga: Bahaya Pelihara Sikap Pesimis

3. Berhenti over-reaktif

Berhentilah merespons secara berlebihan masalah-masalah kecil yang ada. Dengan melakukannya, kamu juga akan menghentikan masalah dari pucuknya.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber Boldsky
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X