Kompas.com - 14/11/2018, 19:37 WIB
Acara peluncuran #KitaPercayaBerbagi GoApotik dan Kitabisa.com di Jakarta (13/11) KOMPAS.com/Lusia Kus AnnaAcara peluncuran #KitaPercayaBerbagi GoApotik dan Kitabisa.com di Jakarta (13/11)

KOMPAS.com - Pola donasi yang selama ini dijalankan untuk adalah pemberian uang atau barang, namun sering kurang efektif.

Sebuah inovasi baru diluncurkan oleh aplikasi GoApotik dan KitaBisa.com yang memungkinkan donatur mendonasikan obat dan alat kesehatan kepada yang membutuhkan melalui aplikasi.

Program bertajuk #KitaPercayaBerbagi ini memungkinkan donatur memilih sendiri siapa penerima donasi yang diinginkan.

Ada beberapa pilihan paket donasi dengan nomimal Rp 100.000 - Rp 700.000. Penerima donasi sudah divalidasi langsung oleh KitaBisa.com, platform penggalangan dana online.

"Sekitar 40 persen donasi di KitaBisa.com berkaitan dengan kondisi medis, salah satunya untuk pembelian obat, terutama yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan," kata CEO KitaBisa.com, M.Alfatih Timur, dalam acara konferensi pers di Jakarta (13/11).

Head of GoApotik, Muhamad Salahuddin mengatakan, banyak pasien yang kesulitan mendapatkan obat.

"Aplikasi GoApotik bekerja sama dengan merchant apotik terpercaya dan tervalidasi. Banyak obat-obatan penyakit langka yang juga tersedia di aplikasi ini," kata pria yang akrab disapa Dide ini.

Dide menjelaskan, cara berdonasi obat sangat mudah. Tinggal membuka aplikasi atau situs GoApotik dan klik #KitaPercayaBerbagi. Kita akan melihat daftar penerima donasi dan bebas memilih yang akan dibantu.

Setelah itu lakukan pembayaran obat. Ongkos kirim ke alamat penerima donasi sudah ditanggung oleh GoApotik.

"Semua bisa bantu sesama, apalagi Indonesia masuk urutan pertama sebagai negara paling dermawan di dunia," kata Alfatih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.