Efektifkah "Lip Balm" untuk Melembabkan Bibir Kering?

Kompas.com - 23/11/2018, 16:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Bibir kering dan pecah-pecah merupakan musuh utama bagi penampilan. Sayangnya, penggunaan lip balm dan produk pelembab bibir tak selalu berhasil mengatasinya.

Lip balm hanya memberikan kenyamanan sementara pada bibir, bahkan beberapa produk justru membuat bibir semakin kering.

Menurut dokter dermatologi Leah Jacob, ketika lapisan tipis pelembab dari lip balm menguap, justru membuat bibir semakin dehidrasi. Inilah yang akan menciptakan lingkaran setan.

Banyak penyebab bibir kering, namun terutama karea dehidrasi, zat kimia dari lipstik, hingga  cuaca dingin.

"Setiap bagian dari tubuh kita yang tak tertutupi akan terkena dampak dari cuaca dingin, termasuk wajah dan bibir," kata dr Crystal Aguh, asisten profesor dermatologi di Tulane University.

Kulit bibir memang berbeda dari kulit yang ada di bagian tubuh lainnya. Namun, Aguh mengatakan jika kulit bibir dan area tubuh lainnya sebenarnya sangat mirip.

Bibir terdiri dari tiga lapisan sel. Lapisan pertama merupakan lapisan terluar dari sel seperti sel kulit mati, yang dikenal sebagai stratum korneum.

Lapisan berikutnya adalah epidermis dan dermis, yang berada di bawahnya.

Perbedaan kulit bibir dan kulit di bagian tubuh lainnya, terutama terletak pada lapisan stratum korneum, yang menjadi pelindung lapisan kulit lainnya jauh lebih tipis.

Oleh karena itu, kulit bibir lebih rentan terhadap kerusakan. Selain itu, bibir tak memiliki folikel rambut atau kelenjar minyak.

Baca juga: Pilihan Lipstik Matte untuk Bibir Kering

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X