Kompas.com - 23/11/2018, 16:48 WIB
Keju Parmesan yang dibuat secara berkualitas di tempat pengolahan susu Parmigiano-reggiano, Italia. YouTube: Food InsiderKeju Parmesan yang dibuat secara berkualitas di tempat pengolahan susu Parmigiano-reggiano, Italia.

KOMPAS.com - Keju merupakan salah satu bahan yang sering digunakan dalam aneka makanan sebagai dasar adonan atau topping, seperti cheese cake, spageti, dan pizza.

Perlu diketahui, keju terdiri dari beberapa jenis, seperti parmesan, cheddar, mozarella, edam, emmental, brie, dan camembert.

Dari bermacam jenis keju di atas, yang paling mahal ternyata keju jenis parmesan.

Dilansir dari Food Insider, satu gelondong parmesan rata-rata dihargai 1.000 euro atau sekitar Rp 16,573 juta dengan berat 88 pon atau sekitar 44 kg.

Berikut beberapa faktor yang membuat parmesan ini lebih mahal dari jenis keju lainnya.

1. Butuh puluhan galon susu sapi

Susu sapi segar sedang diolah dalam tong untuk dijadikan Keju Parmesan.YouTube: Food Insider Susu sapi segar sedang diolah dalam tong untuk dijadikan Keju Parmesan.

Untuk membuat parmesan berkualitas baik, dibutuhkan sekitar 31 galon susu sapi murni dari Italia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam setahun, rata-rata di Italia menghasilkan 3,6 juta gelondong keju dan membuat indstri pembuatan keju menghasilkan 2,2 juta euro atau sekitar Rp 36,6 triliun.

Ini membuat parmesan menjadi salah satu produk eksport terbesar di Italia.

Baca: Konsumsi Keju Tak Menaikkan Kadar Kolesterol?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X