Penyebab Berat Badan Tetap Naik Meski Rajin Olahraga

Kompas.com - 03/01/2019, 17:17 WIB
Ilustrasi menimbang berat badannyul Ilustrasi menimbang berat badan

KOMPAS.com - Menurunkan berat badan adalah hal yang sulit dilakukan bagi sebagian orang. Walau sudah melakukan perubahan pola makan dan olahraga ketat namun berat ideal seringkali tak kunjung tercapai.

Kenaikan berat badan semakin bikin frustrasi ketika kita tidak menginginkannya, apalagi jika kita sudah menerapkan pola hidup sehat.

Namun, ingatlah bahwa kenaikan berat badan pada orang yang rajin olahraga bisa saja terjadi karena adanya penambahan massa otot. Sebab, otot sebetulnya lebih berat daripada lemak.

Ada pula sejumlah alasan lainnya yang mungkin menjadi penyebab berat badan seseorang tetap naik meski sudah rajin berolahraga.

Berikut 10 penyebabnya, seperti dilansir dari Insider:

1. Tidak makan sehat

Dr. John P. Salerno, pendiri pusat manajemen penurunan berat badan The Salerno Center menjelaskan, penurunan berat badan diawali dengan pola makan sehat.

Namun, menambah olahraga rutin akan meningkatkan angka harapan hidup dan kualitas hidup. Keduanya penting dan perlu dijalankan secara beriringan.

"Artinya, kamu tidak bisa hanya berolahraga tapi pola makannya jelek, atau sebaliknya. Kamu harus menggabungkan dua komponen itu sebagai satu kesatuan," kata Dr.Palerno.

Masalahnya, tak sedikit orang yang sudah berolahraga berpikir mereka bisa bebas makan makanan tidak sehat dan tetap akan menurunkan berat badan.

Palerno menilai pandangan tersebut salah besar.

2. Tidak makan cerdas

Halaman:



Close Ads X