9 Tips Efektif Merapikan Rumah dari Marie Kondo

Kompas.com - 24/01/2019, 14:50 WIB
Penulis buku dan pakar merapikan barang Marie Kondo. Facebook/Marie KondoPenulis buku dan pakar merapikan barang Marie Kondo.

KOMPAS.com - Nama penulis asal Jepang Marie Kondo dalam beberapa waktu terakhir menjadi bahan perbincangan di seluruh dunia.

Dia mendunia karena metodenya soal merapikan rumah yang disebut KonMari.

Metode tersebut ditulis oleh Kondo dalam bukunya "The Life Changing Magic of Tidying Up".

Buku Kondo sempat bertengger selama 69 minggu di daftar buku terlaris New York Times pada debutnya.

Lalu, karya ini pun diterjemahkan ke dalam 40 bahasa, dan terjual lebih dari delapan juta kopi di seluruh dunia.

Kisah Kondo dengan metodenya kemudian diudarakan lewat serial Netflix sejak 1 Januari, lalu. Tak ayal, metode ini pun semakin mendunia.

Baca juga: Merapikan Rumah, Menata Hidup

Lewat bukunya, Kondo menyampaikan pesan bahwa jika kamu merapikan rumah dengan baik, maka kamu tidak perlu melakukannya berulang-ulang.

"Kita tidak bisa fokus merapikan rumah sepanjang waktu. Kita punya kehidupan yang sibuk, mengurus anak, pekerjaan," kata Kondo.

Menurut dia, membersihkan seluruh rumah bisa memakan waktu hingga satu bulan. Bahkan, ia pernah menghabiskan waktu terlama hingga dua tahun.

Namun, jangan paksakan hal ini. Sebab, seseorang yang tidak suka dengan ruangan rapi tidak akan melakukannya dengan benar.

Halaman:


Sumber People
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X