11 Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Jalani Diet Mediterania

Kompas.com - 26/01/2019, 19:58 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.

KOMPAS.com - Jika target menjalani pola hidup sehat menjadi salah satu resolusi tahun barumu, kamu mungkin ingin mencoba diet mediterania.

The U.S. News and World Report menempatkan diet mediterania sebagai diet terbaik 2019. Tidak sulit untuk menemukan alasannya, sebab diet mediterania sangat mudah diakses, berkelanjutan dan tidak banyak membatasi.

Diet ini fokus kepada makanan-makanan berbasis tanaman, sayur, buah, minyak zaitun, dan ikan. Diet ini juga tidak terlalu ketat karena masih memperbolehkan konsumsi beberapa makanan.

Jika mengikuti diet mediterania secara tepat, kita dapat memperoleh manfaatnya.

Beberapa studi jangka panjang menemukan bahwa mereka yang menjalankan diet mediterania memiliki risiko yang lebih sedikit terhadap penyakit kardiovaskular, penyakit ginjal dan kanker payudara.

Pola makan ini juga bisa memperbaiki tingkat kolesterol, membantu meraih target berat badan ideal bahkan bisa memperpanjang usia.

Jika kamu ingin mencoba diet mediterania, berikut 11 jenis makanan terbaik untuk kamu konsumsi, seperti dilansir dari Insider.

1. Sayur-sayuran

Ilustrasi sayuranpada smith Ilustrasi sayuran
Konsumsi sayur-sayuran adalah salah satu yang utama dalam diet mediterania ini.

Suzy Weems, seorang ahli gizi teregistrasi sekaligus profesor ilmu nutrisi di Baylor University menyampaikan kepada Time soal rekomendasi konsumsi sayur-sayuran setiap harinya.

"Rekomendasinya sekitar sembilan porsi dalam sehari," kata Weems.

Weems merekomendasikan campuran sayur-sayuran berdaun hijau, merah, jingga, hingga kuning. Meskipun, setiap sayuran memiliki manfaatnya masing-masing.

2. Buah-buahan

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X