Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/01/2019, 19:58 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika target menjalani pola hidup sehat menjadi salah satu resolusi tahun barumu, kamu mungkin ingin mencoba diet mediterania.

The U.S. News and World Report menempatkan diet mediterania sebagai diet terbaik 2019. Tidak sulit untuk menemukan alasannya, sebab diet mediterania sangat mudah diakses, berkelanjutan dan tidak banyak membatasi.

Diet ini fokus kepada makanan-makanan berbasis tanaman, sayur, buah, minyak zaitun, dan ikan. Diet ini juga tidak terlalu ketat karena masih memperbolehkan konsumsi beberapa makanan.

Jika mengikuti diet mediterania secara tepat, kita dapat memperoleh manfaatnya.

Beberapa studi jangka panjang menemukan bahwa mereka yang menjalankan diet mediterania memiliki risiko yang lebih sedikit terhadap penyakit kardiovaskular, penyakit ginjal dan kanker payudara.

Pola makan ini juga bisa memperbaiki tingkat kolesterol, membantu meraih target berat badan ideal bahkan bisa memperpanjang usia.

Jika kamu ingin mencoba diet mediterania, berikut 11 jenis makanan terbaik untuk kamu konsumsi, seperti dilansir dari Insider.

1. Sayur-sayuran

Ilustrasi sayuranpada smith Ilustrasi sayuran
Konsumsi sayur-sayuran adalah salah satu yang utama dalam diet mediterania ini.

Suzy Weems, seorang ahli gizi teregistrasi sekaligus profesor ilmu nutrisi di Baylor University menyampaikan kepada Time soal rekomendasi konsumsi sayur-sayuran setiap harinya.

"Rekomendasinya sekitar sembilan porsi dalam sehari," kata Weems.

Weems merekomendasikan campuran sayur-sayuran berdaun hijau, merah, jingga, hingga kuning. Meskipun, setiap sayuran memiliki manfaatnya masing-masing.

2. Buah-buahan

Ilustrasi buahfirina Ilustrasi buah
Buah segar sangat penting dalam pola diet mediterania. Buah-buahan seperti alpukat, ceri, semangka, dan lainnya, bisa sangat cocok dengan diet ini. Meski begitu, tidak ada buah segar yang dilarang untuk dikonsumsi pada pola ini.

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com