Menghilangkan Lemak Perut dalam 30 Hari - Kompas.com

Menghilangkan Lemak Perut dalam 30 Hari

Kompas.com - 11/02/2019, 13:32 WIB
IlustrasiShutterstock Ilustrasi

KOMPAS.com — Masa 30 hari memang bukanlah waktu yang lama. Namun, banyak hal bisa terjadi dalam 30 hari. Lebih realistis jika dalam 30 hari tersebut kita menargetkan memiliki tubuh yang lebih sehat dan kuat, termasuk menghilangkan lemak perut.

Ahli gizi teregistrasi sekaligus personal trainer tersertifikasi ACSM, Jim White, berbagi tips menurunkan berat badan, terutama jika kita ingin mengurangi lemak perut dalam waktu satu bulan. Yuk, simak tipsnya!

1. Membakar ekstra kalori

Jim menjelaskan, setiap orang bisa menurunkan berat badan secara sehat sekitar 0,22-0,9 kg.

Dalam sebulan, penurunan berat badan tersebut bisa ditingkatkan lagi hingga sekitar 1,81-3,62 kg.

Karena 1 pon (0,45 kg) lemak sama dengan 3.500 kalori, maka untuk menurunkan 0,45 kg per minggunya kita harus membakar sekitar 500 ekstra kalori per hari. Ini bisa dicapai dengan defisit kalori sehat atau berolahraga untuk membakar kalori. Bisa pula kombinasi keduanya.

Baca juga: Bakar Lebih Banyak Kalori dengan Rompi Beban

2. Gaya hidup

Pola hidup sehat juga memiliki peran besar terhadap penurunan berat badan. Pastikan tidur cukup sehingga tubuh memiliki waktu cukup untuk pulih dan tubuh akan terasa segar untuk menjalani olahraga di hari berikutnya.

Stres juga bisa memicu hormon kortisol, hormon yang bisa memicu nafsu makan terhadap karbohidrat sederhana dan makanan-makanan lainnya yang bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada tubuh. Kondisi ini bisa mengganggu target penurunan berat badanmu, terutama pada bagian perut.

Jadi, selain kalori defisit, pastikan kamu tidur cukup selama sekitar 7 jam setiap malam dan mengatur stres.

Ilustrasi langsingshironosov Ilustrasi langsing

3. Pola olahraga

Dalam waktu 30 hari, kita juga bisa mengecilkan lingkar pinggang. Selama 15 tahun menangani klien, pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studio itu melihat sejumlah kliennya bisa menurunkan berat badan beberapa kilogram dalam sebulan, termasuk mengecilkan ukuran tubuhnya.

Namun, ingatlah bahwa ukuran tersebut tidak hanya pada lingkar perut, melainkan juga pengukuran berat badan keseluruhan. Termasuk area besar, seperti panggul, pinggang, dada, lengan, paha, bahu, dan leher.

Ukuran yang mengecil tersebut juga tergantung pada latihan beban yang kamu lakukan, jenis kardio yang dijalankan, berapa banyak air yang diminum, hingga kalori yang kamu konsumsi.

Baca juga: Mengenal 3 Gerakan Dasar Core Motion untuk Kecilkan Perut

Rekomendasi

1. Pola olahraga

Untuk mendapatkan hasil dalam 30 hari, Jim merekomendasikan kardio selama 30-60 menit selama 3-5 hari per minggu. Targetnya adalah membakar 500 kalori per hari.

Target tersrbut bisa dicapai melalui kardio, kalori defisit, dan memperbanyak jalan.

Jim juga merekomendasikan latihan kekuatan 2-4 hari per minggu.

Tidak hanya membakar kalori, latihan kekuatan juga bisa menambah otot yang berfungsi untuk membantu pembakaran kalori pada masa istirahat.

Personal trainer tersertifikasi NASM, Sydney Eaton, yang juga kepala fitness dan program di PK Coin App menjelaskan, latihan interval intensitas tinggi (HIIT) juga bisa menjadi cara efektif untuk membakar lemak dalam waktu singkat.

"Aku banyak bertemu klien yang berhasil mencapai target memuaskan dalam waktu singkat dengan melakukan HIIT," kata Sydney.

Pada hari latihan kardio, kamu bisa memilih melakukan HIIT dalam bentuk sprint atau lari cepat di atas treadmill atau latihan HIIT 20 menit tanpa alat.

Baca juga: Olahraga Intensitas Sedang Dongkrak Vitalitas Seksual Wanita

2. Pola makan

Kalori defisit adalah kunci. Jim merekomendasikan mengurangi 500 kalori dari total daily energy expenditure (TDEE).

Angka tersebut adalah jumlah kalori yang kamu bakar per hari, berdasarkan faktor usia, tinggi badan, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas.

Agar lebih mudah, hitung kebutuhan kalori dengan rumus manual atau dengan bantuan aplikasi.

Pastikan kamu tidak mengonsumsi di bawah 1.200 kalori per hari untuk perempuan. Sebab, konsumsi kalori terlalu rendah justru bisa menurunkan metabolisme tubuh. Efek samping negatifnya antara lain kekurangan energi, rambut rontok, rasa lapar, dan efek negatif pada siklus menstruasi.

Kamu perlu menata pola makanmu untuk mendapatkan hasil dalam waktu singkat.

Baca juga: Kapan Saatnya Tubuh Membakar Kalori dengan Maksimal?

Jim merekomendasikan pembatasan makanan-makanan favorit sekali seminggu, memangkas makan malam dan membatasi kalori dari minuman seperti alkohol, soda dan minuman bergula lainnya.

Setiap orang memang memiliki kondisi tubuh yang berbeda dan hasil penurunan berat badan mungkin saja baru terlihat pada periode yang lama.

Namun, mengurangi lemak perut dan membuat pinggang lebih ramping dalam waktu 30 hari bukanlah hal mustahil.

Tentu saja perlu disertai dengan pendekatan seperti olahraga, mengatur pola makan sehat dan faktor gaya hidup lainnya.



Close Ads X