Kompas.com - 20/02/2019, 20:55 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah gangguan kesehatan yang tidak dapat disembuhkan, tapi bisa dikendalikan. Maka dari itu, bagi mereka yang punya tekanan darah tinggi sebaiknya dikendalikan.

Banyak juga yang bilang kalau orang yang punya tekanan darah tinggi itu suka marah dan emosinya tidak stabil. Begitu juga sebaliknya, cepat marah bisa bikin tekanan darah naik. Apa benar begitu?

Mungkin ketika kamu sedang marah atau kesal, orang-orang akan bertanya, apakah tekanan darah tinggimu sedang kambuh saat itu. Ya, tekanan darah tinggi kerap kali dikaitkan dengan perubahan mood yang tiba-tiba dan peningkatan emosi.

Sebenarnya, anggapan banyak orang tentang hal ini tidak sepenuhnya salah. Ternyata memang, tekanan darah tinggi atau hipertensi berhubungan dengan perubahan suasana hati, membuat kita lebih mudah marah daripada sebelumnya.

Hal ini bahkan telah dibuktikan dalam beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang hipertensi cenderung cepat marah dan mudah berubah mood-nya.

Kenapa orang yang punya tekanan darah tinggi gampang marah?

Para ahli belum mengetahui secara pasti apa penyebab di balik suasana hati yang mudah berubah pada orang dengan hipertensi. Namun, ada beberapa teori yang disebutkan, yaitu:

1. Tidak bisa mengendalikan stres dengan baik

Meskipun belum dipastikan merupakan penyebab mengapa orang dengan darah tinggi mudah marah, tapi para ahli menyatakan bahwa orang dengan tekanan darah yang tinggi cenderung tidak dapat mengendalikan rangsangan stres dengan baik. Hal ini membuat otak mengeluarkan amarah sebagai responnya.

Namun, hubungan stres dan hipertensi masih harus diteliti lebih lanjut, bagaimana tekanan darah tinggi bisa mengganggu respon otak dalam mengendalikan emosi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.