Mengenal Diet DASH, Diet untuk Orang Hipertensi

Kompas.com - 21/02/2019, 07:31 WIB
Ilustrasi diet DASHshutterstock Ilustrasi diet DASH
Editor Wisnubrata

Sumber

KOMPAS.com - Diet DASH adalah singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension, pola makan sehat yang telah terbukti membantu mencapai dan mempertahankan berat badan sehat.

Meski begitu, manfaat utama dari diet modern ini adalah untuk mengendalikan hipertensi dan menurunkan kolesterol.

Diet DASH berfokus untuk mengurangi asupan natrium, lemak dan kolesterol dengan cara meningkatkan asupan protein, serat, serta memastikan kecukupan vitamin dan mineral.

Diet ini membantu kita memilih makanan sehat dan melakukan tindakan lain untuk membantu mengendalikan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Penelitian yang disponsori oleh National Institutes of Health (NIH) menunjukkan manfaat diet DASH untuk menurunkan tekanan darah semanjur obat-obatan dokter. Hasil yang ditunjukkan juga cepat.

Banyak orang yang menjalani diet DASH mengalami penurunan tekanan darah hanya dalam waktu empat belas hari.

Hal ini terjadi karena diet yang kaya akan mineral, tinggi serat, rendah lemak jenuh dan natrium dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Baca juga: Mengapa Diet DASH Selalu Terpilih sebagai Diet Terbaik?

Banyak nutrisi bermanfaat yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran, bersama dengan makanan dan susu rendah lemak yang kurang banyak dikonsumsi orang Indonesia.

Menurunkan tekanan darah

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X