Angkat Beban atau Kardio, Mana yang Harus Dilakukan Lebih Dulu?

Kompas.com - 01/03/2019, 08:06 WIB
. KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO.

KOMPAS.com - Kamu orang yang sibuk? Lalu, karena alasan itu kamu memakai kesempatan nge-gym dengan sekaligus melakukan latihan strength dan kardio dalam satu sesi?

Jika demikian, latihan mana yang pertama harus kamu lakukan? Kardio dulu, atau latihan kekuatan dulu?

Untuk menemukan jawaban atas pertanyaan ini, seorang pelatih angkat beban Matt Reynolds, memberikan penjelasannya, seperti dilansir laman artofmanliness.com.

Menurut Reynolds, bagi kebanyakan orang pilihan terbaik adalah melakukan angkat beban, sebelum kardio. 

Mengapa harus demikian?

Untuk menjadi menusia yang lebih kuat, maka kamu perlu mengangkat angkatan yang terbaik dalam setiap sesi workout.

Baca juga: Angkat Beban Bisa Jadi Kunci Jantung Sehat?

Namun, ketika kamu melakukan latihan kardio sebelum melakukan angkatan, maka secara tidak langsung kamu telah menghambat pencapaian angkatan terbaikmu.

“Melakukan kardio sebelum latihan kekuatan, akan menyebabkan kelelahan pada otot, sehingga terjadi penurunan kekuatan kontraktual pada otot."

"Jika hal itu yang terjadi, maka capaian dalam angkatan menjadi tak sebaik yang seharusnya bisa didapat," kata dia.

Pandangan Reynolds ini pun telah dibuktikan secara ilmiah, dalam penelitian yang hasilnya dipubliksikan dalam Journal of Strength and Conditioning Research.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X