Manfaat Olahraga untuk Hari Tua

Kompas.com - 06/05/2019, 16:05 WIB
Ilustrasi olahraga shutterstockIlustrasi olahraga

KOMPAS.com - Ada banyak hal yang membuat orang menyukai olahraga, mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga mempertahankan bentuk tubuh.

Kabar baiknya, menurut riset yang diterbitkan dalam Jurnal Frontier, manfaat olahraga tidak hanya kita rasakan saat ini saja, namun berdampak dalam jangka waktu yang lebih lama.

Riset ini merupakan tindak lanjut dari penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise terhadap mereka yang aktif berlari antara tahun 1999 hingga 2003.

Sepuluh tahun setelah riset tersebut, peneliti menilai kembali kondisi kesehatan peserta.

Adapun penelitian tahun 2003 saat itu melibatkan 384 orang yang memiliki gaya hidup pasif dan kelebihan berat badan dengan rentang usia 40 hingga 65 tahun.

Peserta dalam riset ini ada yang diminta mempertahankan gaya hidup pasif dan ada pula yang mulai menerapkan olahraga secara teratur selama delapan bulan.

Mereka yang mulai berolahraga dibagi secara tiga kelompok, yaitu peserta yang melakukan latihan intensitas sedang dalam waktu sedikit, latihan intensitas tinggi dalam waktu sedikit, dan latihan intensitas tinggi dalam waktu lebih banyak.

Hasil membuktikan, tak peduli seberapa kuat intensitas olahraga yang dilakukan, peserta yang berolahraga mengalami peningkatan kebugaran aerobik, penurunan tekanan darah, sensitivitas insulin, dan turunnya lingkar pinggang.

Nah, untuk mencari tahu latihan mana yang memiliki dampak paling panjang, maka para peneliti memeriksa kembali 104 peserta dalam riset sebelumnya untuk dianalisis lebih lanjut.  Pertama, peserta diminta mengisi riwayat medis dan kuesioner aktivitas fisik.

Setelah itu, peserta diukur tinggi, indeks massa tubuh, tekanan darah istirahat, dan lingkar pinggang minimal.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X