Kompas.com - 07/05/2019, 12:33 WIB
Ilustrasi kerja malam DragonImagesIlustrasi kerja malam

KOMPAS.com - Hampir setiap orang mengalami stres di tempat kerja. Proyek yang menumpuk, lembur dan pekerjaan yang seakan tak pernah usai. Namun, kadar stres tiap orang berbeda-beda. Ada yang ringan, tapi lebih banyak yang dibiarkan terus berakumulasi.

Ketika ini terjadi, saatnya kita mengevaluasi kembali keseimbangan kehidupan kerja kita dan lakukan beberapa perubahan untuk menghindari merosotnya kinerja.

Untuk melakukan evaluasi kehidupan kerja, kenali tanda-tanda kita mengalami stres di tempat kerja.

1. Berhenti merawat tubuh

Pekerjaan terkadang membuat kita begadang atau sulit tidur, duduk sepanjang hari dan melewatkan olahraga.

Padatnya pekerjaan bahkan membuat kita harus mengonsumsi makanan cepat saji, atau bahkan melewatkan waktu makan.

Stres kerja sebenarnya membuat kita mengalami rasa sakit yang mengganggu atau masalah kesehatan. Tapi, kita merasa tak punya waktu untuk pergi ke dokter.

Baca juga: Kebanyakan Duduk juga Berdampak Buruk pada Otak

2. Kesehatan mental menurun

Stres kerja bisa mendatangkan kecemasan atau depresi. Biasanya ini diawali dengan gangguan emosional, atau mungkin ketakutan, kegelisahan, rasa putus asa.

Ketidakseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjan juga mengakitbatkan serangan panik, perubahan suasana hati, dan bahkan mungkin pikiran untuk bunuh diri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X