Demi Kesehatan Jantung, Perhatikan Batas Aman Konsumsi Kopi

Kompas.com - 14/05/2019, 08:13 WIB
Ilustrasi minum kopiViewApart Ilustrasi minum kopi

KOMPAS.com - Mengonsumsi kopi sudah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat dunia.

Namun, terlalu banyak mengonsumsinya juga menimbulkan efek samping, salah satunya penyakit kardiovaskular. Lalu, berapa batas aman untuk mengonsumsi kopi?

Menurut riset, minum enam cangkir kopi sehari akan mendorong kita pada risiko kesehatan.

Riset dilakukan oleh ilmuwan dari University of South Australia dan dipimpin oleh peneliti UniSA, Dr Ang Zhou dan Profesor Elina Hyppönen dari Australian Centre for Precision Health.

Hasil riset mengklaim konsumsi enam cangkir kopi atau lebih, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 22 persen.

Dalam riset ini, peneliti berusaha menguak efek jangka panjang dari konsumsi kopi dalam kaitannya dengan penyakit kardiovaskular.

Lebih khususnya lagi, studi ini menegaskan titik di mana kelebihan kafein menyebabkan tekanan darah tinggi, yang memicu penyakit jantung.

Kopi adalah stimulan yang paling umum dikonsumsi di dunia dan dipercaya dapat meningkatkan kewaspadaan, energi dan fokus pikiran," kata Profesor Hyppönen.

Meski manfaatnya telah diketahui banyak orang, Profesor Hyppönen mengatakan banyak orang yang tak tahu berapa batas aman untuk mengonsumsinya.

“Kebanyakan orang akan setuju minum kopi terlalu banyak dapat membuat seseorang merasa gelisah, mudah emosi, atau bahkan mual," tambahnya.

Menurut Profesor Hyppönen, semua itu karena kafein membantu tubuh bekerja lebih cepat dan lebih keras.

Baca juga: Menurut Riset, Minum Kopi dapat Tingkatkan Harapan Hidup

Tapi, ada kemungkinan besar hal tersebut juga disebabkan karena kita telah mencapai batas maksimal dalam mengonsumsi kafein.

Kita juga tahu risiko penyakit kardiovaskular dan tekanan darah tinggi meningkat karena konsumsi kafein berlebih.

Untuk mempertahankan jantung yang sehat dan tekanan darah yang sehat, kita harus membatasi asupan kopi menjadi kurang dari enam cangkir sehari.

Berdasarkan data periset, mengonsumsi enam cangkir kopi adalah titik kritis di mana kafein mulai berdampak negatif pada risiko kardiovaskular.

Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis 347.077 peserta berusia antara 37 hingga 73 tahun.

"Diperkirakan tiga miliar cangkir kopi dinikmati setiap hari di seluruh dunia," tambah Prof Hyppönen.




Close Ads X