10 Manfaat Kesehatan Rutin Minum Air Hangat

Kompas.com - 13/06/2019, 11:44 WIB
ilustrasi air hangat shutterstockilustrasi air hangat
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kita selalu diingatkan tentang pentingnya minum air dalam jumlah yang cukup hingga sekitar delapan gelas sehari. Namun, mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa minum air hangat ternyata bisa membawa manfaat lebih jika kita lakukan secara rutin.

Pengobatan Tiongkok dan India kuno bahkan meyakini bahwa memulai hari dengan segelas air hangat bisa membantu memperlancar sistem pencernaan dan memberi sejumlah manfaat kesehatan.

Sejumlah peneliti menemukan bahwa air hangat bisa melancarkan hidung tersumbat dan membuat kita merasa lebih tenang.

Disarankan untuk minum air hangat setiap selesai makan atau meminumnya minimal tiga hingga empat kali seminggu secara rutin.

Baca juga: Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

Banyak pula orang yang mengkonsumsinya sebagai pengobatan holistik. Nah, apa saja manfaat lebih lanjut dari konsumsi air hangat?

1. Memerlancar pencernaan

Minum air hangat dipercaya mampu melegakan dan mengaktivasi saluran pencernaan. Sebab, organ pencernaan akan terhidrasi lebih baik dan mampu mengeliminasi sampah dengan lebih cepat seiring dengan mengalirnya air hangat melalui perut dan usus.

Selain itu, air hangat juga berperan sebagai pelumas yang bisa memperlancar pencernaan itu sendiri.

2. Mengobati sembelit

Salah satu masalah perut yang banyak dialami karena kurang air adalah konstipasi. Konstipasi disebabkan karena penumpukan kotoran pada usus yang mengurangi kerja saluran usus besar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Boldsky
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X