Kompas.com - 03/07/2019, 13:45 WIB
si kecil tukang ngambek? Shutterstocksi kecil tukang ngambek?

KOMPAS.com - Penelitian menunjukkan, bahwa setiap orang akan merasakan rengekan, terutama ketika anak-anak mereka berusia dua dan empat tahun. Rengekan yang terdengar sangat menjengkelkan dengan suara tangisan mengganggu.

Anak-anak merengek umumnya untuk mendapatkan perhatian orangtua mereka. Namun, sebagai manusia biasa, tak jarang orangtua bereaksi dengan kemarahan.

Sebelum menanggapi rengekan dengan kesal, ada baiknya orangtua mengingat kembali alasan mendasar yang menyebabkan anak merengek dan apa yang ingin mereka capai dengan rengekan itu.

 

1. Anak-anak merengek mungkin karena mereka membutuhkan bantuan Anda

Dr. Jessica Michaelson mengatakan, bahwa salah satu alasan utama mengapa anak merengek adalah karena mereka kelelahan dan membutuhkan bantuan Anda.

Menurutnya,ada kalanya melalui rengekan, anak-anak ingin memberi tahu orangtuanya, “Aku tak bisa melakukan lebih besar dari ini, tolong urus aku seperti saat aku masih bayi.”

Ketika anak-anak stres, lapar, atau lelah, suara manis mereka akan berubah menjadi nada tinggi menuntut kebutuhannya, seperti makan atau tidur dipenuhi saat itu juga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para peneliti telah menemukan, bahwa orang lebih mendengarkan rengekan ketimbang berbicara biasa.

Coba lakukan: Ketika anak merengek, coba pikirkan ini, “Apakah anak ini leleah, lapar, haus, atau merasa tidak nyaman?” “Apakah hari ini terlalu melelahkan?’, “Apakah anak ini tidur terlambat semalam?” “Apakah ada yang membuat tidak nyaman perasaannya?”

Setelah itu hadapi rengekan dengan tenang, sambil mengingatkan diri Anda bahwa rengekan itu berarti ia membutuhkan kenyamanan yang mendesak. Anda bisa menawarkan diri untuk memeluknya atau mengambilkan air minum untuknya.

Baca juga: Seberapa Jauh Orangtua Boleh Beri Bantuan untuk Anak?

2. Anak-anak merengek karena mereka butuh lebih banyak waktu untuk bersama

Psikolog Becky Bailey berpendapat bahwa kadang-kadang merengek adalah sinyal bahwa seorang anak membutuhkan lebih banyak waktu untuk kelekatan dengan orangtuanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.