Kompas.com - 04/07/2019, 16:40 WIB

KOMPAS.com - Tren pakaian yang menggunakan teknik pewarnaan "tie dye" kini kembali tren, dan digemari oleh banyak orang.

"Tie dye" sesungguhnya adalah  teknik pewarnaan kain dengan melipatkan bagian-bagian kain dengan tali atau karet gelang, demi menghasilkan pola tertentu saat proses pencelupan warna.

Cara pewarnaan ini akan menghalangi pewarna memasuki arena kain tertentu dan menciptakan pola-pola melingkar atau abstrak di seluruh permukaan kain.

Kamu tertarik untuk ikutan memakai busana semacam ini? Jika iya, ada baiknya kamu memerhatikan dulu tips agar tampil keren dalam "tie-dye", berikut ini.

Baca juga: Melihat Pakaian Tie-Dye, Selera Lawas yang Kembali Jadi Tren...

1. Aksesoris

Tren "tie-dye" juga tersedia dalam mode aksesoris. Ini bisa menjadi pilihan yang coock bagi para pria yang tak terlalu percaya diri saat memakai busana berwarna cerah.

Kita bisa memilih kaus kaki, tas cross-body, sapu tangan, dan sejenisnya dengan tren serupa.

2. Busana "tailoring"

Eksperimen mode akhir-akhir ini semakin bervariasi. Bahkan, memadukan "tie-dye" dengan busana tailoring pun bukan hal yang aneh, dan turut mewarnai panggung peragaan busana.

Demi tampil keren dengan padu padan ini, kunci penting adalah memilih setelan klasik.

Kenakan kemeja "tie-dye" sebagai pengganti kemeja biasa, tanpa diselipkan ke dalam sela-sela celana.

Selain itu, kenakan tanpa ikat pinggang dan lengkapi dengan sneakers keren. Namun, jangan pernah memakainya untuk wawancara kerja.

3. Fashion statement

Memakai pakaian dengan warna-warna yang cerah tentu akan membuat kita menjadi pusat perhatian.

Jika tak ingin menjadi pusat perhatian, pilih busana dengan motif ringan dan seminimalis mungkin.

Sebaliknya, jika ingin menjadi pusat perhatian atau menggunakan item tie-dye sebagai fashion statement, hal pertama yang harus kita lakukan adalah dnegan memilih item dasar sebagai outfit inti.

Kita bisa memilih celana chino polos, jaket tonal, dan sneakers atau sepatu kets putih.

Lalu, gunakan kaus atau lengan panjang berlapis dengan motif tie-dye di bawahnya sebagai titik fokus untuk memungkinkan warna-warna cerah menjadi pusat perhatian.

Baca juga: Tips Hemat dan Mudah Membuat Kaus Tie-Dye

4. Busana festival

Momen festival atau konser musik adalah waktu yan tepat untuk bereksperimen gaya dengan busana tie-dye.

Untuk tampilan modern, padukan "tie-dye" dengan streetwear dan sportswear.

Gunakan item fesyen seperti topi bucket, jaket, celana pendek, dan sepatu kets - yang semuanya bisa menambah warna dalam penampilan kita.

Tak ada aturan kode busana khusus saat menonton konser atau festival. Jadi, momen ini bisa kita manfaatkan untuk mengeskplorasi gaya.

5. Gaya minimalis

Busana "tie-dye" nampaknya tak cocok untuk tampilan minimalis. Tapi, dengan padu padan yang cocok, semua itu bisa saja terjadi.

Merebaknya tren "tie-dye" telah memberi warna baru dalam dunia mode.

Untuk menerapkan tampilan minimalis, kita bisa memilih outfit "tie-dye" dengan fitur pola hitam dan putih yang cocok dipadukan dengan semua busana.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.