Bagaimana Cara Memilih Mainan Anak Sesuai Usianya?

Kompas.com - 16/07/2019, 14:57 WIB
Ilustrasi anak bermain shutterstockIlustrasi anak bermain
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tahukah Anda, mainan anak tradisional seperti balok-balokan dan boneka, ternyata lebih baik dibanding segudang permainan yang ditawarkan gadget modern? Hal ini diungkapkan para peneliti dalam laporan yang dilansir American Academy of Pediatrics (AAP) pada awal tahun ini.

Artinya, balok-balokan, buku, dan puzzle, lebih baik ketimbang video games dan permainan lainnya yang disuguhkan gadget. Mengapa dianggap lebih baik? Sebab, dengan memainkan mainan tradisional itu, anak memiliki kualitas bermain yang lebih baik. Termasuk dalam hal fokus dan kreativitas.

Mainan tradisional seperti puzzle dan balok-balokan, terbukti meningkatkan kemampuan berbahasa anak, dibanding permainan elektronik. Temuan ini berdasarkan penelitian tahun 2016 oleh lembaga JAMA Pediatrics.

Banyak orang mengabaikan informasi umur pada label mainan. Anak yang sudah bisa memilih sendiri barang yang diidamkan, biasanya terpengaruh pada kemasan cantik atau kesamaan dengan tokoh yang sering dilihat di televisi atau tayangan Internet.

Sementara itu, orangtua terpengaruh pada hal-hal lain, termasuk potongan harga. Padahal, memberikan anak mainan yang tidak sesuai umurnya, bisa berakibat buruk. Mulai dari kesulitan bermain, cedera, bahkan kematian.

Baca juga: Jangan Sembarang Beli Mainan Anak, Apa yang Harus Diperhatikan?

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyatakan, fase perkembangan penting dalam usia anak perlu dijadikan pertimbangan saat memilih mainan anak. Rangkaian fase tersebut dimulai dari saat bayi baru lahir, hingga masuk sekolah.

Usia 0-6 bulan

Di fase ini, fungsi pendengaran dan penglihatan bayi mulai berkembang. Bayi mulai suka mengikuti gerak benda, berpaling saat mendengar suara, menggenggam serta meraih mainan.

Mainan yang cocok adalah yang berwarna mencolok dan berbunyi, untuk merangsang perkembangan mata dan telinganya.

Usia 7-12 bulan

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X