Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/07/2019, 15:00 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kamar tidur adalah satu-satunya tempat di rumah yang didedikasikan total untuk diri sendiri memulihkan energi dan melepaskan semua penat. Jadi, penting untuk membuatnya senyaman mungkin.

Menambahkan aksesori dekoratif seperti bantal empuk atau hiasan lampu cabe yang cantik, juga akan membuat suasana ruangan berbeda. Selain itu, ada satu aspek lain yang sangat penting, yaitu cat dinding.

Seringkali kita ingin mengecat dinding kamar tidur kita dengan warna favorit. Walau itu tidak salah, namun ternyata ada beberapa hal yang perlu dipikirkan dalam memilih cat dinding kamar tidur.

Ada beberapa warna yang sebaiknya kamu hindari, seperti dilansir dari laman apartmenttherapy.com:

1. Merah

Pakar warna dan pembuat Chalk Paint, Annie Sloan mengatakan, ia akan menghindari warna merah untuk cat dinding kamar. Meskipun pemilik kamar adalah pribadi yang menyukai detail-detail kuno bergaya Prancis, ingatlah bahwa mereka tak menggunakannya untuk kamar tidur.

Merah adalah warna yang pemuh semangat dan meningkatkan sensasi tidak menyenangkan ketika dijadikan warna dinding.

Berada di ruangan dengan warna dinding merah akan membuat kita seperti dikejar oleh dinding tersebut. Ketika digunakan sebagai warna dinding kamar tidur tentunya warna merah berpotensi menimbulkan rasa tidak nyaman dan kurang menenangkan.

Baca juga: Menciptakan Ilusi Lebih Luas di Kamar Tidur

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

2. Hijau terang

Hindari warna-warna cerah atau warna neon untuk dinding kamar. Kamar tidur adalah tempat untuk bersantai dan mencari ketentraman karena banyak digunakan untuk tidur. Tentu mata akan sulit terpejam jika kita melihat warna kuning atau hijau limau terang mendominasi kamar.

"Ketika masuk kamar kita akan merasa tidak ingin dan tidak bisa tidur. Warna-warna itu akan menjaga ruangan tetap terang meskipun lampu dimatikan," kata principal di LH.Designs, Linda Hayslett.

Baca juga: 7 Bagian Kamar Hotel yang Berisiko Tularkan Kuman dan Bakteri

3. Oranye

Ada sedikit ilmu sains di balik efek warna terhadap otak. Pendiri dan direktur kreatif Jolie Home, Lisa Ricket menyarankan untuk menghindari warna kuning, merah dan oranye tua.

"Ketika memilih warna kamar tidur, aku akan tetap memilih warna-warna tenang seperti biru dan hijau," katanya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com