Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2019, 08:28 WIB

KOMPAS.com – Kebanyakan orang menghindari minuman berkafein di sore hari karena khawatir tak akan bisa tidur di malam hari.

Padahal, merokok atau minum alkohol justru lebih berpengaruh pada gangguan tidur.

Menurut penelitian terbaru yang dimuat di jurnal Sleep, untuk mendapat tidur malam yang nyenyak kita harus menghindari nikotin dan alkohol empat jam sebelum tidur.

Pada orang yang insomnia (susah tidur), paparan nikotin di malam hari akan menyebabkan penurunan tidur sekitar 40 menit. Nikotin itu tak cuma berasal dari rokok konvensional, tapi juga vape.

Itu sebabnya, jika selama ini Anda sudah sering mengeluh susah tidur, mulailah membatasi nikotin atau segelas alkohol sebelum tidur.

“Faktanya, konsumsi alkohol yang tinggi secara permanen akan merusak gen yang dibutuhkan dalam siklus tidur dan bangun yang sehat,” kata ketua penleiti Rose MacDowell.

Hasil penelitian juga mengungkap, tidur lebih terganggu ketika level nikotin turun menjelang pagi. Pada waktu tersebut biasanya perokok akan bangun karena memang ada dorongan untuk merokok.

Baca juga: Demi Kesehatan, Begini 4 Cara Hentikan Kebiasan Merokok

“Otak yang ‘nagih’ nikotin akan membuat kita terbangun. Karena efeknya pada paru dan pembuluh darah, nikotin bisa meningkatkan gangguan napas yang juga berpengaruh pada tidur, seperti asma dan sleep apnea,” katanya.

Hindari nikotin, kafein, dan juga alkohol, menjelang waktu tidur. Apalagi, nikotin termasuk stimulant, sehingga merokok pada sore sampai malam akan membuat tidur makin sulit.

Begitu juga dengan alkohol. Walau bisa membantu sebagian orang untuk tidur, tetapi proses tubuh memecah alkohol memiliki efek stimulant.

Alkohol harus dibatasi tak lebih dari dua gelas wine atau bir saat makan malam jika ingin tidur tetap nyenyak sepanjang malam.

Baca juga: Bahaya Susah Tidur Nyenyak pada Otak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.