Ketahui, Manfaat Rutin Lompat Tali untuk Kebugaran Tubuh

Kompas.com - 19/08/2019, 07:31 WIB
ilustrasi lompat tali shutterstockilustrasi lompat tali
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Saat masih kecil, kita mungkin pernah atau senang bermain lompat tali. Namun seiring bertambahnya usia, aktivitas ini semakin terlupakan. Padahal, lompat tali bisa menjadi olahraga yang memberikan kita banyak manfaat, lho.

Seperti dilansir dari Runner's World, lompat tali bisa membantu menaikkan denyut jantung dan meningkatkan kebugaran kardio sebagai selingan di hari-hari dimana kamu sedang malas atau tidak bisa berlari.

" Lompat tali adalah alternatif yang menyenangkan," kata pelatih selebriti, Erin Oprea, yang sering menggabungkan lompat tali ke dalam rutinitas olahraga kliennya.

Lompat tali adalah salah satu latihan kardio kesukaan Oprea karena bisa dilakukan dimana saja sehingga kita cenderung tidak memiliki alasan untuk tidak melakukannya.

"Ketika sedang bepergian, aku melakukan lompat tali di kamar hotel," ujarnya.

Baca juga: Bentuk Otot dan Kikis Lemak dengan Rajin Lompat Tali

Pelatih selebriti sekaligus pendiri AK! Rope, Amanda Kloots mengatakan, lompat tali merupakan latihan seluruh badan yang bisa melatih kekuatan kaki hingga kesehatan pikiran.

"Lompat tali bisa membangun ketahanan tubuh, stamina dan koordinasi," kata dia.

Lompat tali menggunakan seluruh otot tubuh, dari quad dan betis hingga ke otot bagian atas tubuh. 

Meskipun tidak terasa sama, namun pelibatan otot tersebut sama dengan ketika kamu melakukan shoulder press, karena otot bahu, bisep dan trisep terlibat dalam menggerakkan tali.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X