Bagaimana Mengatasi Parenting Stress saat Membesarkan Anak Autis?

Kompas.com - 24/08/2019, 16:57 WIB
Ilustrasi ibu dan anak shutterstockIlustrasi ibu dan anak
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Anak autis biasanya mengalami masalah yang pelik mencakup segi sosial, emosional, dan perilakunya. Parenting stress merupakan salah satu dampak yang mungkin terjadi pada orangtua akibat merawat dan membesarkan anak autis.

Angka kejadian stres pada orangtua dengan anak dengan gangguan spektrum autisme (ASD) bervariasi antara 26%-85%.

Menurut sebuah studi, tingkat stres pada ibu yang memiliki anak autis lebih tinggi dibandingkan dengan ibu yang anaknya tidak autis.

Hal ini mungkin disebabkan oleh kesulitan orangtua dalam menghadapi masalah pada anak dengan ASD, yang meliputi perilaku yang diulang-ulang (ritual), kesulitan berkomunikasi, perilaku yang tidak biasa, dan kesulitan bersosialisasi.

Beberapa beban yang bisa menyebabkan stres pada orangtua dengan anak ASD, antara lain:

  • Masalah perilaku anak
  • Masalah biaya dan pilihan karier orangtua
  • Kesulitan mencari pendidikan yang baik
  • Keterbatasan interaksi sosial
  • Banyaknya waktu untuk terapi

Kesulitan ini dapat memperburuk hubungan anak dengan orangtua, menyebabkan gaya parenting yang maladaptif, dan pada akhirnya berdampak pada kegagalan terapi bagi anak yang banyak membutuhkan keterlibatan orangtua.

Bagai lingkaran setan, parenting stress dapat menambah masalah perilaku anak dan tentunya semakin menambah stres bagi orangtua.

Mengatasi parenting stress pada orangtua dengan anak autis

Membesarkan anak bukanlah hal yang mudah, terlebih lagi membesarkan anak yang spesial.

Hari-hari Anda mungkin habis dengan kesibukan untuk memastikan anak mendapatkan terapi dan pendidikan yang terbaik, memastikan kesehatannya, atau mengkhawatirkan masa depannya.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X