Tanda Sabun Muka yang Dipakai Tak Cocok untuk Kulit Sensitif

Kompas.com - 31/08/2019, 10:31 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Bagi pemilik kulit wajah sensitif, menemukan produk skincare yang tepat memang tidak mudah. Termasuk memilih sabun muka. Jika salah, wajah akan makin kering dan kemerahan.

Menurut dokter dermatologi Joshua Zeicher, kulit yang sensitif cenderung akan mengalami sensasi rasa terbakar atau panas saat memakai produk perawatan kulit.

“Produk skincare yang salah dengan mudah akan merusak pelindung kulit pada orang yang kulitnya sensitif. Efeknya kulit kering karena kehilangan hidrasi, inflamasi, dan timbul retakan pada skala mikroskopik,” kata Zeicher.

Jadi, apa yang bisa dilakukan untuk mencegah kulit sensitif jadi iritasi? Secara umum, menurut Zeicher, pilihlah produk sabun muka yang lembut, dan pembersih bebas sabun.

Ia juga merekomendasikan untuk menghindari produk eksfoliasi (pengelupasan sel kulit mati) serta produk yang mencerahkan, termasuk kandungan asam glycolic.

Untuk produk pembersih wajah yang termasuk ringan, Zeicher menyarankan memakai micellar water.

“Kita juga bisa memilih sabun muka yang memang secara khusus diformulasikan untuk kulit sensitif karena biasanya akan meredakan inflamasi dan mengurangi efek kemerahan,” katanya.

Beberapa merk pembersih wajah yang ia rekomendasikan antara lain Neutrogena Ultra Gentle Hydrating Cleanser dan Cetaphil Gentle Skin Cleanser.

“Produk ini tidak mengandung sabun, bersifat non-comedogenic, dan bisa dipakai untuk semua jenis kulit. Produk Neutrogena bahkan sangat ringan sampai direkomendasikan untuk orang yang berjerawat, eksim, dan penyakit kulit rosacea,” katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X