Botol Air Minum Terpapar Matahari Berdampak Buruk bagi Kesehatan

Kompas.com - 15/09/2019, 08:18 WIB
botol plastik SHUTTERSTOCKbotol plastik

KOMPAS.com - Air maupun sinar matahari sama-sama merupakan komponen penting yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi vital tubuh.

Namun, tahukah kamu bahwa minum air dalam botol yang telah terpapar matahari bisa memberi efek negatif pada tubuh?

Sebab, bahan kimia industri BPA atau bisphenol-A yang ada dalam plastik dinilai dapat membahayakan tubuh.

Namun kebanyakan botol kemasan plastik tidak mengandung bahan kimia ini. BPA lebih sering ditemukan pada botol polikarbonat.

Efek negatif lainnya ketika meminum air dalam botol adalah berpotensi menumbuhkan bakteri berbahaya karena ekstrimnya panas dari sinar matahari. Namun hal ini bergantung pada spesies bakterinya.

Baca juga: Bakteri di Dalam Mobil, Bisa Sebabkan Infeksi hingga Keracunan Makanan

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal Food Chemistry menginvestigasi efek paparan sinar matahari terhadap migrasi kimia pada botol air minum PET.

Para peneliti dari Arizona State University menggunakan botol air minum PET dengan air normal dan air berkarbonasi.

Botol air minum tersebut kemudian dibiarkan terkena paparan sinar matahari dan diteliti pada hari kedua, keenam dan ke-10.

Hasilnya, botol minum PET dengan air biasa tidak menunjukkan efek-efek berbahaya setelah terpapar sinar matahari dan tidak terdeteksi adanya aldehid.

Aldehid adalah salah satu kelompok senyawa karbonil yang memiliki gugus karbonil yang berikatan dengan atom hidrogen pada ujung rantai induknya.

Aldehid merupakan salah satu kelompok senyawa karbon yang memiliki gugus karbonil. Gugus tersebut terletak di ujung rantai karbon induk yang diakhiri dengan atom hidrogen.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Boldsky
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X