Kompas.com - 02/10/2019, 07:17 WIB
Ilustrasi Membatik SHUTTERSTOCKIlustrasi Membatik

KOMPAS.com - Tanggal 2 Oktober 2009, Batik diakui sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia.

Pengakuan batik sebagai warisan dunia ini berlaku sejak Badan PBB untuk Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan atau UNESCO, menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and the Intangible Heritage of Humanity).

Sejak saat itu, tanggal 2 Oktober selalu menjadi momentum spesial bagi masyarakat Indonesia dan diperingati sebagai hari batik.

Namun, 2 Oktober tahun ini lebih spesial. Sebab, tahun ini merupakan tahun ke-10 Batik diakui sebagai warisan budaya dunia.

Baca juga: Mengenal Hari Batik dan Eksistensinya di Dunia

Sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun, perayaan Hari Batik selalu meriah di berbagai daerah.

Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk merayakan Hari Batik. Tak hanya agar memakai Batik terwariskan ke generasi-generasi yang lebih muda, tetapi juga untuk memperkuat eksistensi batik.

Bagaimana caramu merayakan Hari Batik hari ini? Aktivitas-aktivitas berikut bisa menjadi inspirasi:

1. Memakai batik

Cara paling sederhana, misalnya, menggunakannya pada Hari Batik serta hari-hari lainnya. Ada berbagai model yang bisa kamu pilih.

Jangan lupa untuk berusaha membeli batik asli, yaitu tulis atau cap, karena dibuat secara manual dengan tangan para pengrajin Batik. Sehingga membeli Batik asli, bukan print, sama dengan mendukung para pengrajin.

2. Menghadiri gelaran spesial Hari Batik

Jika ingin berpartisipasi pada gelaran berskala besar, kamu bisa mencari informasinya lewat mesin pencari atau media sosial.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X