Baik dan Buruknya Konsumsi Kedelai untuk Kesehatan Wanita

Kompas.com - 05/10/2019, 18:59 WIB
Ilustrasi kedelai Ilustrasi kedelai

KOMPAS.com - Kedelai dikenal sebagai sumber protein, kalsium, vitamin B, serat, asam lemak tak jenuh yang baik, zat besi, dan seng. Konsumsi kedelai juga telah dikaitkan dengan pengurangan risiko penyakit jantung.

Sebagian orang menambahkan kedelai ke dalam menu makanan sehari-hari mereka. Beberapa orang bahkan menggunakan makanan berbahan dasar kedelain sebagai alternatif pengganti daging, karena manfaatnya bagi kesehatan.

Namun, sebagian orang menghindari mengonsumsi kedelai terlalu banyak. Pasalnya, kedelai memiliki jumlah isoflavon yang tinggi, yang menurut para ahli bisa berkontribusi pada perkembangan kanker payudara.

Isoflavon memiliki sifat yang bertindak seperti estrogen atau hormon seks utama wanita. Mereka mengikat reseptor estrogen dalam tubuh dan memicu pertumbuhan kanker.

Baca juga: Yang Terjadi pada Tubuh Saat Mengonsumsi Kedelai

Namun, para peneliti mencatat ada sedikit bukti yang mendukung hubungan antara kanker dan konsumsi kedelai.

Tapi beberapa penelitian juga menunjukkan temuan yang bertentangan, yang menyebut kedelai sebenarnya bisa mencegah penyakit tersebut.

Sebuah penelitian terhadap 6.000 wanita dengan kanker payudara di AS menunjukkan, bahwa konsumsi kedelai yang lebih tinggi menunjukkan adanya penurunan 21 persen dalam kematian peserta.

Para peneliti mengatakan, risiko kematian akibat penyakit ini secara signifikan menurun pada wanita dengan kanker payudara yang lebih agresif.

"Temuan kami menunjukkan bahwa, untuk wanita dengan kanker payudara hormon-reseptor-negatif, konsumsi kedelai mungkin berpotensi memiliki efek menguntungkan untuk meningkatkan kelangsungan hidup," kata Fang Fang Zhang, seorang profesor dari Universitas Tufts di Massachusetts.

Baca juga: Pro-Kontra Seputar Efek Samping Kedelai pada Pria

Namun, kedelai mungkin bukan alasan utama yang menurunkan risiko kematian pada wanita penderita kanker payudara.

Sebagian besar diet sehat umumnya menyertakan kedelai sebagai makanan yang direkomendasikan. Ini berarti mungkin ada faktor-faktor lain yang membantu melawan efek kanker payudara.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Daily Mail
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X