Usaha Off-White Pakai "Zip-Tie" Jadi Merek Dagang Masih "Mentok"

Kompas.com - 16/10/2019, 09:55 WIB
. VIA complex.com.

KOMPAS.com - Perkara hukum antara Virgil Abloh dan Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO) terus bergulir.

Laporan baru menunjukkan pengajuan Off-White Juli 2018 untuk ikon " zip-tie" merah yang merupakan signature Off-White khas kembali mengalami kemunduran.

Seperti diberitakan laman The Fashion Law, pengacara pemeriksa USPTO, Linda M. Estrada menyatakan, detil yang diajukan Off-White jatuh benda yang bersifat fungsional.

Menurut Estrada, masalah fungsional tidak dapat didaftarkan sebagai merek dagang.

Baca juga: Steve Madden Bikin Sneakers Mirip AJ 1 x Off-White dan Travis Scott

Estrada juga menunjukkan, penggunaan warna merah pada "zip-tie" Off-White, yang diklaim sebagai bagian identik dalam merek dagang itu, tidak inheren berbeda dan bisa otomatis mengidentifikasi sumber suatu produk.

Selama ini, "zip-tie" telah disematkan dalam berbagai kreasi Off-White, termasuk kolaborasi Off-White x Nike yang sedang bergulir.

Dalam keadaan seperti ini, Estrada menyatakan, "zip-tie" bisa memenuhi syarat untuk pendaftaran jika Off-White bisa memberikan bukti konsumen mudah merelasikan "zip-tie" merah ke satu sumber, yakni Off-White.

Baca juga: Gaun Pernikahan Hailey Bieber Dipesan Khusus dari Off-White

Sementara pada Juni lalu, penasihat hukum Off-White sudah menyebut, "zip-tie" merah jauh dari hal fungsional.

Dia mengatakan, aksen "zip-tie" tersebut dipasang untuk tujuan identifikasi produk Off-White," dan menjadi indikator merek.

Penasihat hukum Off-White lalu mendorong Estrada tentang pertimbangannya, kerena zip-tie adalah konfigurasi umum mengikat, yang tentu juga dapat digunakan di berbagai industri termasuk untuk pelabelan.

Selanjutnya, Office Action-Response dapat berlangsung selama tiga putaran dengan pengacara penguji yang baru, Verna Ririe yang juga menolak pendaftaran zip tersebut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X