Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Benarkah Caramu Membersihkan Kacamata Selama Ini?

Kompas.com - 29/10/2019, 12:48 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Pernah melihat seseorang menghembuskan napas ke lensa kacamata untuk membersihkannya? Atau menggosokkan kacamata ke baju yang sedang dikenakan?

Cara membersihkan kacamata seperti ini sudah saatnya ditinggalkan, karena hanya akan merusak lensa kacamata.

Sebagian besar bahan lensa kacamata yang umum digunakan saat ini adalah bahan plastik. Bahan ini populer digunakan karena ringan dan mudah dibentuk. Meski demikian, ada kekurangannya: sangat mudah tergores.

Sekali lensa kacamata tergores, tidak ada cara untuk mengembalikannya seperti semula. Peribahasa nasi sudah jadi bubur rasanya tepat untuk menggambarkan kondisi ini.

Selama ini orang kerap membersihkan kacamata dengan menghembuskan napas disusul dengan mengusap permukaannya dengan kain. Cara ini justru bisa membuat lensa tergores karena debu yang ada di kain pembersih tersebut.

Hal yang sama bisa terjadi saat membersihkan lensa kacamata dengan menggosoknya dengan pakaian yang sedang digunakan. Biasanya, bagian pinggir baju yang dipilih. Tapi tahukah kamu, bagian pinggir baju ini juga rentan kotor dan menjadi tempat menumpuknya debu?

Baca juga: Hindari Tiga Ini untuk Menjaga Kacamata Hitam Tetap Awet

Lalu bagaimana membersihkan kacamata dengan benar? Beberapa cara berikut ini layak menjadi referensi:

Ilustrasi membersihkan kacamatashutterstock Ilustrasi membersihkan kacamata
Bersihkan di air mengalir

Membersihkan kacamata dalam kondisi kering hanya akan membuat residu yang menempel di permukaan lensa tergores lebih jauh lagi. Cara membersihkan kacamata yang jauh lebih aman adalah dengan menempatkannya di bawah air mengalir.

Sesuaikan berapa banyak air mengalir pada kacamata. Jika lensa kanan dan kiri kacamata  sudah merata terkena air, artinya sudah siap dibersihkan ke tahap selanjutnya.

Gunakan sabun pencuci piring

American Optometric Association merekomendasikan cara membersihkan kacamata yang cukup unik, yaitu dengan menggunakan sabun pencuci piring.

Caranya adalah setelah membasahi lensa kacamata di bawah air mengalir, tuang sedikit sabun pencuci piring di ujung jari.

Kemudian, ratakan ke lensa kacamata. Setelah itu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan kain yang benar-benar bersih dan lembut.

Bersihkan setiap pagi

Halaman:
Sumber

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com