Kompas.com - 08/11/2019, 21:35 WIB

KOMPAS.com - Edukasi seputar menstruasi, termasuk kebersihan diri remaja putri, belum merata. Di Indonesia, satu dari lima remaja putri tidak mendapat informasi sebelum masa menstruasi pertamanya.

Karena dianggap sebagai topik yang tabu untuk dibicarakan, banyak remaja tidak mempersiapkan diri menghadapi menstruasi pertamanya.

Dari sisi kebersihan, dari data Profil Sanitasi Sekolah tahun 2017 terungkap bahwa satu dari tiga sekolah tidak memiliki akses air dan satu dari dua sekolah tidak mempunyai toilet terpisah untuk murid laki-laki dan perempuan.

Akibatnya, manajamen kebersihan menstruasi di kalangan remaja putri sangat minim. Padahal, kebersihan diri yang rendah saat haid dapat meningkatkan risiko gatal, infeksi, dan keputihan.

Selain sanitasi, idealnya sekolah-sekolah juga menyediakan pembalut dan konseling tentang menstruasi bagi para siswinya.

Peluncuran kerjasama Softex dan UNICEF untuk program edukasi manajemen kebersihan diri saat menstruasi untuk remaja.Dok Softex Peluncuran kerjasama Softex dan UNICEF untuk program edukasi manajemen kebersihan diri saat menstruasi untuk remaja.

Untuk mengurangi kondisi di atas, merek pembalut Softex berkomitmen membantu UNICEF dalam program Menstrual Hygiene Management.

“Tujuan dari program ini agar remaja putri mendapatkan informasi dan menerapkan pola hidup sehat dan bersih,” kata Head of Feminine Care PT Softex Indonesia, Ekayani Go.

Dalam kerjasama tersebut, Softex akan memberikan dana Rp 1.5 miliar pertahun dari penjualan produk Softex Daun Sirih dan Softex Comfort Slim.

Dijelaskan oleh Ekayani, dana tersebut akan digunakan untuk mendukung program Water, Sanitation and Hygiene (WASH) termasuk Menstrual Hygiene Management di Papua, Papua Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.