Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/11/2019, 17:30 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

KOMPAS.com - Dari sekian banyak tahapan perawatan wajah, mencuci muka adalah tahapan paling penting yang tak boleh dilewati, demi menjaga kesehatan wajah.

Pasalnya, mencuci muka untuk mengangkat debu, make-up, dan semua kotoran yang menempel di wajah. Selain itu juga untuk membersihkan tumpukan minyak di wajah.

Sayangnya, banyak orang yang tanpa sadar melakukan kesalahan saat mencuci wajah. Berikut enam kesalahan yang sering terjadi:

1. Temperatur air yang salah

Temperatur air yang ekstrem - terlalu panas atau terlalu dingin - dapat merusak kapiler di kulit. Menurut Kimberly Yap Tan, estetika holistik dan pendiri skinSALVATION, mencuci muka dengan suhu air yang terlalu panas dapat menyebabkan kulit kering dan lecet.

Sedangkan air yang terlalu dingin tidak akan membersihkan kotoran atau rias wajah secara produktif. Mencuci dengan air pada suhu beku juga tidak akan bermanfaat bagi kulit Anda.

Baca juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Cuci Muka

2. Mengenakan perhiasan

Tidak melepas perhiasan saat mencuci wajah dapat melukai kulit. Selain itu, produk perawatan kulit seperti pelembab bisa tersangkut di perhiasan.

Tan menambahkan, bahwa mengikat rambut juga baik dilakukan, agar kotoran di rambut tak berpindah ke wajah.

3. Handuk wajah yang salah

Tanpa disadari, kamu bisa jadi menggunakan waslap kotor untuk menepuk-nepuk wajah setelah dicuci bersih.

Atau mungkin kamu mungkin menggunakan handuk yang teksturnya terlalu kasar, sehingga membuat kulit iritasi dan terkelupas, terutama jika jenis kulitmu sensitif.

Namun, bukan berarti kamu harus memakai handuk super lembut untuk membersihkan wajah. Selama handuk yang dipakai tidak terlalu kasar sepertinya bukan masalah besar, menurut Alexandra Engler, Editor Senior Kecantikan dan Gaya Hidup di mindbodygreen.

4. Kebiasaan pasca mencuci muka yang salah

Tahapan perawatan wajah tak berhenti setelah mencuci muka. Pasalnya, setelah mencuci muka, air akan menguap dan membuat sel-sel kulit mengalami dehidrasi.

Sebab itu, sangat penting untuk melakukan tahapan perawatan selanjutnya seperti toner, pelembab, serum, atau face oil segera setelah mencuci muka untuk menjaga kelembaban kulit wajah.

Baca juga: Kesalahan Cuci Muka yang Sering Dilakukan Pria dengan Kulit Berminyak

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com