Benarkah Kacamata Hitam Efektif Menangkal Sinar Matahari?

Kompas.com - 18/11/2019, 18:02 WIB
Ilustrasi pria feedoughIlustrasi pria

KOMPAS.com - Banyak orang yang menganggap kacamata hitam sebagai tabir surya untuk mata. Selain mereka memang memakainya sebagai fashion item.

Menurut Dokter Dianna Seldomridge, juru bicara klinis untuk American Academy of Ophthalmology, mata seperti halnya kulit, membutuhkan semacam perlindungan dari sinar ultraviolet (UV) matahari yang berbahaya - bahkan ketika matahari tidak muncul keluar.

Jadi untuk menjaga kesehatan mata, ya benar kamu perlu memakai kacamata hitam saat berada di luar ruangan, bahkan ketika cuaca mendung.

Sekarang yang perlu diketahui adalah, tidak semua jenis kacamata hitam dapat melindungi mata dari sinar UV yang keras. Kamu membutuhkan sesuatu yang mampu memblokir setidaknya 99 persen radiasi UVA dan UVB matahari.

Baca juga: 6 Kesalahan Memakai Kacamata Hitam

Jika ada diperhatikan, ada beberapa kacamata hitam yang menawarkan perlindungan 100 persen dari radiasi UVA / UVB dan ada juga yang menawarkan 100 persen perlindungan UV 400. Para ahli mengklaim, bahwa kedua kacamata hitam ini dapat melindungi mata dari radiasi berbahaya.

Pada catatan lain, American Optometric Association mengatakan bahwa sebenarnya ada banyak manfaat mengenakan kacamata hitam pada siang hari.

Salah satunya, akan jauh lebih mudah untuk menyesuaikan diri dengan kegelapan, karena segala jenis paparan cahaya terang membuat sulit untuk mengemudi di malam hari.

Juga, fakta bahwa kamu tidak perlu menyipitkan mata saat terkena sinar matahari, akan membuat mata lebih sehat.

Kamu juga bisa melindungi mata dari cahaya biru yang berasal dari spektrum matahari. Spektrum ini berpotensi meningkatkan risiko mengalami degenerasi makula – gangguan mata terkait usia yang memengaruhi kemampuan untuk melihat.

Baca juga: Jangan Sembarang Pilih, Ini Risiko Pakai Kacamata Hitam Murah

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X