Jeli Menemukan dan Mengembangkan Bakat Anak Autisme

Kompas.com - 21/11/2019, 12:37 WIB
Sophia (kanan) dan anaknya, Anindhita (kiri) yang memiliki gangguan autisme menunjukkan gambar karya Anindhita di tote bag. Devi RahmadhaniSophia (kanan) dan anaknya, Anindhita (kiri) yang memiliki gangguan autisme menunjukkan gambar karya Anindhita di tote bag.

KOMPAS.com – Orangtua anak berkebutuhan khusus wajib membekali dirinya dengan pengetahuan tentang gangguan tumbuh kembang yang dimiliki buah hatinya. Dengan pemahaman itu, penanganan anak menjadi tepat sehingga bisa mencapai potensi maksimalnya.

Anindhita (20) didiagnosis autisme sebelum usia dua tahun. Dengan intervensi dini yang dilakukan orangtuanya, kini Andindhita sudah duduk di bangku kuliah jurusan desain komunikasi visual di Universitas Trilogi Jakarta.

Sang ibu, Sophia, bercerita sudah curiga dengan tumbuh kembang Anindhita, sejak usia setahun.

“Saya mulai mengetahui ada yang berbeda dari Nindhita ketika ia ulang tahun pertama. Saya langsung membawanya periksa ke dokter dan akhirnya mendapat diagnosis autisme,” kata Sophia ketika berbincang dengan Kompas Lifesytle di sela acara Peringatan Hari Anak di Jakarta (20/11).

Anindhita pun menjalani berbagai terapi, terutama terapi bicara dan terapi lain untuk membantunya berkomunikasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Baca juga: Kenali 7 Tanda Autisme pada Bayi dan Balita

Selama 10 tahun ia rutin terapi di Yayasan Mandiga atas saran Prof.Hardiono D Pusponegoro Sp.A.

“Selain terapi ia juga bersekolah di playgroup dan TK yang merupakan sekolah inklusi. Demikian juga dengan sekolah SD sampai SMP. Di sekolahnya ada shadow teacher untuk membantunya,” kata Sophia.

Namun, semakin bertambahnya usia dan kemampuan Nindhita, kehadiran guru tambahan itu tak selalu diperlukan.

Sophia mengatakan, kini kemampuan komunikasi Nindhita terus berkembang dan bisa mengikuti pelajaran, walau tidak bisa disamakan dengan temannya yang tak punya gangguan tumbuh kembang.

Sophia juga mengamati hobi anaknya menggambar, walau kecenderungannya adalah menggambar monster.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X