Diet Mediterania Kurangi Risiko Gangguan Pendengaran, Benarkah?

Kompas.com - 11/12/2019, 15:13 WIB
. Shutterstock.

KOMPAS.com - Banyak orang pasti sudah tahu bahwa menerapkan pola makan mediterania bisa membantu memperlambat penuaan, dan secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung.

Diet model ini juga dikenal membantu mengatasi gejala depresi, dan sederet manfaat lainnya.

Namun, sebuah studi terbaru mengungkapkan manfaat lainnya dari diet mediterania.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Epidemiology menyebut, diet mediterania juga berpotensi mengurangi risiko gangguan pendengaran, -seiring bertambahnya usia seseorang.

Baca juga: 4 Trik Hemat Menjalankan Diet Mediterania

Studi ini memerhatikan data dari lebih 3.000 perempuan usia 50-60 tahun yang menjadi bagian dari Nurses' Healthy Studi II.

Nurses' Healthy Studi II merupakan penelitian yang mengumpulkan sejumlah informasi terkait pola makan, gaya hidup, dan kesehatan lebih dari 100.000 perempuan.

Nah, untuk studi gangguan pendengaran, para peneliti mempelajari kuisioner makanan dan menggelar tes sensitivitas pendengaran yang dilakukan selama periode tiga tahun.

Di akhir masa studi, diketahui sebanyak 19 persen partisipan memiliki gangguan pendengaran ringan -seperti kesulitan mendengar pada lingkungan yang ramai.

Baca juga: Waspada, Gejala Gangguan Pendengaran Bisa Muncul di Usia Muda

Lalu, ada 39 persen mengalami gangguan menengah -seperti kesulitan mendengar suara televisi yang diputar dengan volume normal.

Serta, hampir setengahnya memiliki gangguan pendengaran berat -seperti kesulitan memahami percakapan normal.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X