Kala Harbolnas Tak Semenarik Dulu...

Kompas.com - 12/12/2019, 20:57 WIB
Ilustrasi belanja online ShutterstockIlustrasi belanja online

KOMPAS.com - "Kecewa, tahun ini enggak terlalu worth it," keluh Ghoida (25) yang rajin memanfaatkan toko online untuk membeli berbagai keperluannya.

Tak terkecuali -tentu saja, saat Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional. Tapi, menurut dia Harbolnas hari ini, Kamis (12/12/2019) tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Salah satunya adalah jenis barang "diskonan" yang lebih terbatas.

Ghoida mencontohkan, salah satu lipstik dari merek kosmetik favoritnya yang memberi diskon hingga 50 persen pada Harbolnas. Namun, shade yang diincarnya ternyata tidak ikut didiskon.

Shade yang didiskon, kata dia, cenderung bukan warna-warna populer, misalnya warna merah cabai atau ungu tua.

"Warna yang standar best seller harganya tetap normal. Gue banyak menemukan trik seperti itu. Jadi mereka pilih-pilih," ujar dia.

Baca juga: Harbolnas, Kenali 4 Pola Gelap dalam Situs Belanja Online

Jika ingin mencari produk "diskonan", kata Ghoida, waktu yang tepat justru bukan pada momentum Harbolnas melainkan waktu promo lainnya.

Misalnya, promo yang diadakan oleh situs resmi masing-masing merek.

Dari segi nominal diskon, Ghoida mengakui tidak menemukan situs yang menaikkan harga terlebih dahulu baru mendiskonnya.

"Nominal diskon memang bener sih 50-60 persen enggak ada mark up harga. Kalau promo harian biasa paling 40 persen mentok. Tapi enggak jauh beda," ucap dia.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X