4 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh

Kompas.com - 24/12/2019, 14:15 WIB
Ilustrasi.. Ilustrasi..

KOMPAS.com - Buah berbentuk unik ini juga dikenal dengan nama buah kaktus. Ya, buah naga memang berasal dari keluarga kaktus, dengan tampilan kulit yang terlihat runcing dan seperti sisik.

Di balik rasanya yang lezat, buah naga rupanya memiliki banyak manfaat kesehatan, karena kaya kandungan nutrisi.

Buah naga mengandung riboflavin yang dapat membantu menjaga kesehatan mata, mencegah migrain, hingga menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Tak hanya itu, kandungan magnesium dalam buah naga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, kesehatan jantung, dan menjaga kebugaran tubuh. Selain itu, masih ada empat manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Buah naga kaya akan flavonoid dan antioksidan yang dapat membunuh radikal berbahaya dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Buah naga juga merupakan sumber vitamin C yang jauh lebih baik daripada wortel.

Selain itu, kandungan vitamin B, kalsium, fosfor, niasin, dan serat dalam buah naga secara kolektif berkontribusi pada peningkatan fungsi kekebalan tubuh.

Baca juga: Manfaat Konsumsi Buah Naga yang Jarang Diketahui

2. Membantu menurunkan risiko diabetes

Buah naga adalah sumber kaya serat, yang membantu menjaga kadar gula darah normal. Selain itu juga mampu mengurangi stres oksidatif yang dianggap sebagai salah satu akar penyebab resistensi insulin pada diabetes tipe 2.

Satu studi menemukan, tikus yang obesitas ketika diberi makan buah naga, risiko diabetesnya menurun.

Baca juga: Beragam Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X