Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2019, 19:25 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Boldsky

KOMPAS.com - Jerawat merupakan timbunan komedo yang mengeras. Biasanya disebabkan ketika pori-pori tersumbat oleh minyak berlebih, kotoran, dan debu.

Kondisi tersebut akhirnya menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri yang menyebabkan jerawat. Bukan hanya di wajah, jerawat bisa muncul di area leher, dada, dan punggung.

Selain itu, jerawat juga bisa muncul karena ketidakseimbangan hormon dan kebersihan yang buruk, misalnya malas membersihkan make-up sebelum tidur.

Untuk meredakan jerawat, kamu bisa mencoba cara alami dengan menggunakan pepaya. Seperti yang kita tahu, pepaya kaya kandungan vitamin dan sangat baik untuk kulit.

Baca juga: Makanan yang Paling Memicu Jerawat

Sifat anti-inflamasi pepaya membantu mengobati jerawat dengan mengurangi kemerahan dan peradangan.

Pepaya juga bisa membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan meremajakan kulit. Berikut tiga cara memanfaatkan buah pepaya untuk mengatasi jerawat.

1. Pepaya + Madu

Selain dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, madu juga membantu menjaga kelembaban kulit.

Kupas setengah bagian pepaya dan potong kecil-kecil. Masukkan pepaya ke dalam blender dan tambahkan dua sendok makan madu, kemudian blender hingga halus seperti pasta.

Oleskan pada seluruh wajah atau pada area tubuh yang berjerawat, diamkan atara 40-45 menit. Setelah itu angkat dan cuci wajah dengan air biasa. Lakukan ini setiap hari untuk mendapat hasil terbaik.

Baca juga: 15 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

2. Pepaya + Cuka Sari Apel

Cuka sari apel membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit dan dengan demikian bisa membantu mengobati peradangan pada kulit.

Hancurkan pepaya yang sudah matang. Tambahkan air dan cuka sari apel dengan jumlah yang sama dan campur semua bahan hingga menjadi pasta halus.

Ambil handuk lembut dan celupkan ke dalam air hangat. Peras air yang berlebih dan letakkan handuk di wajah selama beberapa menit.

Oleskan pasta pepaya dan cuka sari apel di bagian atas handuk secara merata dan biarkan sampai mengering. Kemudian cuci wajah menggunakan air normal dan keringkan.

3. Pepaya + Jeruk

Jeruk bermanfaat sebagai zat alami yang membantu mengendalikan kelebihan minyak yang diproduksi kulit.

Masukkan dua sendok pepaya yang sudah dilumatkan ke dalam blender dan tambahkan satu sendok makan perasan air jeruk, blender hingga menyatu. Kemudian tambahkan lagi perasan air jeruk.

Oleskan merata di wajah atau area yang berjerawat. Biarkan selama 20 menit. Bilas setelah 20 menit.

Selamat mencoba ya!

Baca juga: Mengenal Jenis Bekas Jerawat dan Cara Menanganinya

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com