Beragam Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

Kompas.com - 13/08/2019, 15:03 WIB
Ilustrasi sirsak shutterstockIlustrasi sirsak
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Siapa yang tak kenal buah sirsak? Buah ini sangat populer di negara tropis, termasuk di Nusantara. Sirsak merupakan buah yang nikmat untuk dimakan, dengan daging buah yang berwarna putih.

Namun, sirsak tak hanya lezat untuk dikonsumsi. Buah ini ternyata memiliki berbagai manfaat, yang mungkin sebelumnya tak pernah kita sangka. Apa saja manfaat buah sirsak tersebut?

Sejumlah penelitian menemukan bahwa sirsak dapat menurunkan risiko berbagai penyakit. Beberapa di antaranya, tergolong sebagai penyakit yang menjadi momok untuk semua orang, termasuk kanker serta tekanan darah tinggi.

Berikut ini beberapa manfaat sirsak yang sebaiknya kita ketahui.

Manfaat sirsak #1: Mengandung molekul antioksidan

Molekul dengan sifat antioksidan dapat menangkal radikal bebas, atom tidak stabil yang dapat merusak sel dan menyebabkan penyakit berbahaya. Sirsak merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik.

Beberapa jenis molekul antioksidan di sirsak, yakni:

- Tannin
- Saponin
- Pitosterol
- Flavonoid
- Anthraquinone

Secara keseluruhan, sirsak dapat menjaga kesehatan kita. Penelitian lebih lanjut diperlukan, untuk mengkaji manfaat buah sirsak untuk penyakit tertentu.

Manfaat sirsak #2: Memiliki sifat anti-inflamasi

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X